Cara Tepat Atasi Bayi Demam Setelah Imunisasi

Imunisasi atau bahkan vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam proses menjaga kondisi tubuh si kecil dari serangan penyakit. Pemberian vaksin yang dilakukan dengan cara suntikan atau bahkan oral memiliki manfaat untuk menyelamatkan banyak generasi dari serangan penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Namun, banyak diantaranya bayi demam setelah imunisasi, dan hal tersebut hampir di alami oleh semua anak-anak yang memang telah melakukan imunisasi atau bahkan vaksin.

Namun, ketika si kecil mengalami demam setelah imunisasi, sebaiknya bunda tidak perlu merasa khawatir apalagi cemas, karena bayi demam setelah imunisasi merupakan salah satu hal yang wajar terjadi dan akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan bunda cukup memberikan si kecil banyak ASI agar keadaannya bisa lebih membaik.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara sederhana yang bisa bunda lakukan di rumah ketika bayi panas setelah imunisasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika si kecil mengalami demam setelah imunisasi, maka bunda bisa memberikan ASI sesering mungkin. Karena kandungan yang ada di dalam ASI mampu mengurangi peningkatan suhu badan si kecil.
  2. Bunda bisa mendekap si kecil ketika si kecil mengalami demam setelah melakukan imunisasi atau vaksin, karena dengan bunda memberikan dekapan kepanya, maka si kecil akan merasa lebih membaik. Hal ini dikarenakan dekapan dari seorang ibu mampu meningkatkan zat antinyeri, sehingga bisa menurunkan suhu tubuh si kecil.
  3. Bunda tidak di anjurkan untuk menggunakan bedong atau bahkan selimbut yang tebal ketika si kecil terkena demam, bunda cukup memakaikan baju yang mudah menyerap keringat.
  4. Bunda bisa mengkompres si kecil dengan menggunakan air hangat, sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya kejang-kejang pada si kecil, daripada menggunakan air dingin.
  5. Bunda juga bisa memberikan si kecil kompresan dengan menggunakan air hangat di sekitar badan yang telah di suntik. Hal ini guna mengurangi adanya pembengkakan pasca suntikan. Karena banyak diantaranya bayi yang merasakan nyeri ketika bekas suntikan, dan ketika di sentuh akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi.
  6. Bunda bisa memberikan pijatan kepada si kecil agar si kecil merasakan nyaman, pijatlah si kecil selembut dan sehalus mungkin.
  7. Bunda dianjurkan untuk selalu menggunakan alat pengukur suhu tubuh atau thermometer, hal ini berfungsi untuk melihat perkembangan peningkatan atau bahkan penurunan suhu tubuh si kecil.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa bunda lakukn dengan cangat mudah guna mengatasi demam yang akan di alami si kecil ketika mereka imunisasi. Namun satu hal yang harus Anda ingat, ketika suhu tubuh si kecil atau bahkan demam yang di alami si kecil setelah imunisasi tidak berangsur membaik, maka sebaiknya segera bunda membawa si kecil untuk berobat ke dokter, agar si kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517