Cara Sederhana Untuk Meredakan Nyeri Haid

Haid atau menstruasi adalah salah satu hal yang rutin terjadi pada wanita. Setiap wanita akan mengalami siklus ini setiap bulannya. Haid merupakan peluruhan dinding rahim atau sel telur yang tidak terbuahi oleh sel sperma. Siklus haid setiap wanita tentunya berbeda-beda dan lamanya waktu haid juga berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut baik itu secara internal ataupun eksternal. Namun, adal salah satu hal yang seringkali membuat wanita tersiksa yaitu nyeri haid.

Nyeri haid memang lumrah dirasakan oleh setiap wanita, terlebih lagi pada hari pertama haid. Terkadang nyeri haid menjadi salah satu hal yang membuat wanita kesulitan untuk beraktivitas. Bahkan kondisi ini seringkali memicu emosi yang tak terkontrol. Meskipun terbilang hal yang lumrah namun tidak ada salahnya jika nyeri haid diatasi dengan baik supaya tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari selama haid.

Berikut Ini Ada Beberapa Cara Sebagai Upaya Untuk Meredakan Nyeri Haid

Kram dan kontraksi saat haid memang terasa sangat tidak nyaman dan malas untuk melakukan aktivitas. Ketidaknyamanan ini sebaiknya diatasi dengan cara yang tepat dan hindari konsumi obat-obatan pelancar haid karena justru membahayakan kesehatan. Berikut cara sederhana meredakan nyeri haid.

Olahraga Ringan

Salah satu cara untuk meredakan nyeri haid yaitu dengan melakukan olahraga ringan. Salah satu contohnya yaitu jalan kaki santai atau bersepeda. Aktivitas fisik ini jika diklakukan dengan benar akan merangsang hormone endorphin untuk melawan efek dari prostaglandin sehingga nyeri kram pada saat haid akan berkurang secara perlahan. Dengan begitu maka Anda akan lebih merasa nyaman dalam menjalani masa haid.

Air Hangat

Selanjutnya Anda bisa menggunakan air hangat sebagai media untuk meredakan nyeri haid. Gunakan air hangat untuk mengompres bagian perut. Manfaatnya yaitu untuk mengendurkan otot-otot yang tegang pada rahim. Lakukan dengan benar dan teratur selama haid jika Anda merasakan sakit tak tertahankan.

Minum Teh Chamomile

Teh adalah salah satu jenis minuman yang mengandung antioksidan untuk mencegah peradangan atau anti imflamasi. Dengan minum teh secara teratur maka hal ini akan membantu meredakan rasa sakit atau kram perut saat haid. Minum teh secara teratur guna menjaga kenyamanan dan kesehatan Anda selama menjalani masa haid.

Cukupi Kebutuhan Vitamin D Tubuh

Kekurangan vitamin D bisa menjadi salah satu penyebab kram atau perut sakit waktu haid. Nah, oleh karena itu sebaiknya perhatikan asupan vitamin D dengan konsumsi makanan dari jenis sayuran, buah-buahan dan daging merah. Jika vitamin D tercukupi maka hal ini akan sangat bermanfaat dalam meredakan dan mencegah rasa nyeri tak tertahankan.

Nyeri pada waktu haid memang sangat mengganggu aktivitas dan membuat wanita menjadi elbih sensitive. Lakukan aktivitas sehat dan perhatikan pola makan pada waktu haid. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat seperti minuman bersoda atau beralkohol. Pastikan kecukupan gizi pada waktu haid tercukupi dengan sangat baik. Jika kebutuhan nutrisi tercukupi maka kesehatan sel-sel tubuh terutama rahim akan terjaga dengan baik dan efek nyeri haid akan berkurang.

Jangan membiasakan mengkonsumsi minuman pelancar atau Pereda rasa nyeri haid karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan rahim. Alangkah lebih baiknya gunakan ramuan alami yang aman dan bebas dari bahan kimia. Semoga ulasan artikel ini emnjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi nyeri haid dengan baik dan benar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517