Cara Sederhana Untuk Menjalin Ikatan Batin Ibu dan Bayi

Semua orangtua terutama sang ibu tentunya mengaharapkan kedekatan atau ikatan batin yang baik dengan bayinya. Menjalin ikatan batin dengan bayi tidak hanya bisa dilakukan melalui proses menyusui saja, akan tetapi Anda juga harus memberikan perhatian serta kasih sayang setiap harinya. Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka kemampuan bayi untuk mengenali orangtuanya akan semakin meningkat. Oleh karena itu, pada masa-masa ini diperlukan pola pengasuhan yang mengutamakan kasih sayang sehingga membentuk sebuah ikatan yang  baik antara ibu dan bayi.

Menjalin Ikatan Batin Ibu dan Bayi

Beragam cara untuk menjalin ikatan batin dengan bayi

Perlu Anda ketahui bahwa ikatan batin yang baik akan berdampak positif terhadap perkembangan bayi. Hal ini karena bayi yang dekat dengan sang ibu akan merasa lebih nyaman sehingga energi yang dimiliki oleh bayi lebih banyak digunakan untuk proses pertumbuhan. Berikut ini cara-cara untuk menjalin dan meningkatkan ikatan batin dengan bayi yang bisa Anda lakukan.

  • Memberikan sentuhan lembut. Salah satu cara untuk menjalin hubungan batin dengan bayi yaitu melalui sentuhan lembut atau pijatan. Sentuhan yang Anda lakukan akan membuat bayi lebih merasakan kehadiran Anda. Pijatan tersebut bisa dilakukan ketika memandikan bayi atau sebelum tidur. Anda bisa melakukan pijatan pada semua area tubuh bayi dengan menggunakan minyak bayi. Pijatan lembut akan membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman.
  • Pelukan adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan bayi. Pelukan juga bermakna kasih sayang dan kepedulian Anda terhadap bayi yang membuatnya merasa lebih tenang. Tanpa disadari pelukan yang Anda lakukan akan berdampak positif terhadap psikologis bayi yang memberikan efek nyaman.
  • Menyusui bayi. Pada waktu menyusui Anda bisa melakukan kontak mata dan memberikan tatapan yang penuh kasih sayang terhadap bayi. Hal ini akan meningkatkan ikatan batin Anda dengan bayi. Kontak mata sama halnya dengan Anda mengajak bayi untuk berkomunikasi sehingga bayi akan merasa lebih nyaman dan aman ketika berada di pelukan Anda.
  • Tersenyum pada bayi. Senyuman adalah salah satu bentuk ikatan bati Anda dan bayi. Dengan memberikan senyuman maka bayi akan merasa lebih nyaman dan bahagia. Coba Anda perhatikan ketika tersenyum maka bayi akan mengikuti dan meniru ekspresi wajah Anda. Senyuman tersebut bermakna bahwa bayi merasa bahagia saat berada disamping Anda sebagain orangtuanya.
  • Membacakan cerita. Meskipun bayi belum sepenuhnya mengerti dengan apa yang Anda bicarakan, namun tidak ada salahnya untuk mengajak bayi bicara. Anda bisa membacakan buku cerita untuk menstimulus kemampuan berkomunikasi pada bayi. Coba Anda perhatikan ketika bayi merespon ucapan Anda dengan cara menggerakan kakinya atau mengeluarkan suara yang keras. Secara tidak langsung cara ini akan semakin mendekatkan Anda dengan bayi.
  • Respon cepat. Ikatan batin akan semakin terbentuk apabila Anda cepat tanggap dengan semua kebutuhan bayi. Respon Anda terhadap kebutuhan bayi akan membuatnya merasa lebih aman dan nyaman. Salah satu contohnya Anda harus cepat tanggap ketika bayi lapar atau merasa tidak nyaman akibat popok yang basah. Dalam hal cepat tanggap merespon kebutuhan bayi bukan berarti Anda memanjakannya. Anda harus tetap memberikan batasan sehingga bayi tidak merasa dimanjakan. Perhatian yang berikan semata-mata hanya untuk membuat bayi merasa nyaman sehingga ikatan batin akan terjalin dengan baik.

Ikatan batin akan terbentuk melalui interaksi yang lebih sering dengan bayi. Sentuhan lembut dan pelukan hangat dari Anda akan membuat bayi merasa lebih nyaman. Selain itu, pola asuh yang penuh kasih sayang dan perhatian yang Anda berikan akan semakin mempererat ikatan batin dengan bayi.

Related Posts

Share This