Cara Sederhana Untuk Mengatasi Otot Tegang

Aktivitas dan rutinitas setiap hari bisa menyebabkan banyak keluhan ringan seputar kesehatan. Hal ini terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan dan aktivitas bekerja sepanjang hari. Duduk berjam-jam di depan layar monitor bisa memicu otot menjadi kaku dan bahkan otot tegang. Kondisi seperti ini tentunya harus segera diatasi sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan Anda untuk melanjutkan aktivitas.

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga setiap hari. Sehingga hal ini tentunya memicu otot-otot menjadi tegang. Ada baiknya dalam kondisi ini Anda mengetahui cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengatasi otot yang tegang. Cara simple seperti peregangan tentunya tidak membutuhkan waktu dan tempat khusus. Anda bisa melakukannya kapan dan dimana saja.

Inilah Beberapa Contoh Peregangan Sederhana Untuk Mengatasi Otot Tegang

  • Peregangan Untuk Bahu dan Leher

Kebiasaan duduk terlalu lama dan membungkuk akan membuat tulang belakang, bahu dan leher menjadi tegang atau kaku. Nah, upaya untuk melemaskan otot yang tegang bisa Anda lakukan dengan cara sederhana seperti peregangan. Caranya sangat mudah yaitu dengan meletakan tangan Anda di belakang sehingga kedua telapak tangan berhadapan, kemudian angkat lengan sehingga akan memmbuat Anda merasakan tarikan di bagian bahu depan dan dada. Lakukan gerakan ini secara berulang dan bisa Anda lakukan di ruangan kerja.

  • Bagian Perut

Bersandar ke bagian belakang dan eratkan kedua tangan. Lalu usahakan supaya tenggorokan dan dada mengarah ke bagian atas. Cara ini bisa Anda lakukan diatas kursi di sela-sela kerja. Latihan ini akan membantu meregangkan otot perut yang tegang.

  • Hip Flexor dan Iliopsoa

Cara lain untuk melakukan peregangan setelah seharian beraktivitas yaitu dengan posisi berlutut di lantai, angkat kaki kiri dan tempatkan di lantai dan tahan lutut sehingga tepat diatas pergelangan kaki. Lalu usahakan supaya kedua pinggul dalam posisi horizontal pada waktu Anda menggerakan badan kearah dinding di bagian depan Anda. Luruskan lutut ke bagian depan secara perlahan.

  • Oblique

Gerakan selanjutnya yaitu peregangan flexor dengan posisikan kaki kiri ke depan dan lutut kanan serta tulang kering berada di lantai. Lengkungkan tangan kanan diatas kepala hingga ujung jari mencapai posisi kiri dari bagian tubuh Anda. Tahan gerakan ini selama beberapa menit dan ulangi dengan posisi tangan dan kaki yang bergantian.

Nah, demikian beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi otot yang tegang. Selain gerakan ringan tersebut, cobalah untuk menyempatkan waktu berolahraga minimal satu kali dalam seminggu. Hal ini berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah otot menjadi tegang dan kaku. Disamping itu, penuhi semua kebutuhan gizi harian Anda guna menunjang aktivitas sehingga otot tidak akan mudah tegang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517