Cara Perawatan Kulit Bayi Yang Terbakar Sinar Matahari

Perawatan kulit bayi menjadi salah satu hal penting mengingat masih sangat rentan terhadap iritasi dan infeksi. Bahkan kulit yang masih tipis dan sensitif rentan terbakar oleh sinar matahari. Kontak yang berlebihan antara kulit dan sinar matahari menyebabkan luka bakar. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda membawa si kecil dibawah terik sinar matahari.

Kulit bayi yeng terbakar oleh sinar matahari menyebabkan iritasi atau luka sehingga membuat si kecil kesakitan. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah perlindungan ketika membawa si kecil jalan-jalan keluar rumah. Pastikan bahwa kulit si kecil terlindung dari paparan sinar matahari langsung karena akibatkantya bisa sangat fatal.
Adapun gejala kulit terbakar oleh sinar matahari yaitu kemerahan, terasa panas ketika disentuh, jika luka cukup parah maka akan timbul lepuhan atau pembengkakan dan si kecil terlihat lemas disertai demam. Gejala lain yaitu pusing dan dehidrasi.

Penanganan Kulit Bayi Yang Terkena Paparan Sinar Matahari

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu basahi kain dengan air dingin, lalu letakan dibagian kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Nah, lakukan cara ini dengan rutin selama beberapa menit. Jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat si kecil kedinginan.
  2. Gunakan pelembab kulit bayi yang berbahan dasar gel aloe vera, air dan lotion calamine di area kulit yang terbakar sinar matahari. Cara ini bertujuan untuk menghindarkan si kecil dari luka bakar mengering serta untuk mempercepat pemulihan. Hindari menggunakan krim yang mengandung bahan minyak karena bisa menghambat keluarnya panas.
  3. Apabila luka bakar timbul bintik-bintik berisi air maka sebaiknya hindari untuk memecahklan lepuhan tersebut karena akan menyebabkan infeksi.
  4. Gejala lain akibat terkena sinar matahari yaitu dehidrasi, maka dari itu perhatikan kecukupan asupan cairan untuk si kecil dalam upaya mencegah kondisi yang lebih parah.
  5. Jika luka bakar cukup parah dan membuat si kecil merasa kesakitan, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Jangan menyepelekan luka tersebut karena bisa menyebabkan infeksi dan mengganggu kenyamanan si kecil.
  6. Luka bakar tersebut akan sembuh beberapa hari setelah Anda memberikan penanganan yang tepat. Luka tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Perhatikan pakaian si kecil, kenakan baju berbahan dasar katun sehingga tidak akan mengiritasi kulit yang terkena luka.
Baca Juga:  Cara Tepat Atasi Rewel Pada Bayi Tumbuh Gigi

Jika Anda mengajak si kecil jalan-jalan sebaiknya kenakan pakaian lengan panjang sehingga kulit si kecil akan tetap terlindungi dengan baik dari bahaya paparan sinar matahari. Bahkan Anda bisa menggunakan tabir surya khusus untuk anak-anak. Alangkah lebih baiknya jangan mengajak si ekcil keluar rumah ketika cuaca sedang terik matahari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517