Cara Perawatan Gigi Kuning Pada Anak

Cara perawatan gigi merupakan salah satu hal yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Kebersihan gigi menjadi fokus penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Gigi yang sehat akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengapa demikian? Hal ini karena gigi yang sehat akan memotong makanan dengan baik sehingga memudahkan sistem pencernaan untuk mencernanya.

Permasalahan gigi kuning dialami oleh banyak orang, baik itu dewasa dan anak-anak. Gigi kuning dipicu oleh kebiasaan buruk dan jarang sikat gigi. Bahkan cara sikat gigi yang tidak tepat menjadi pemicu utama timbulnya gigi kuning pada anak. Selain itu, pemberian antibiotik untuk anak juga diduga sebagai pemicu timbulnya gigi kuning. Antibiotik yang dikonsumsi oleh anak anak masuk kedalam darah dan kemudian mengendap pada gigi.

Jenis antibiotik yang bisa memicu gigi kuning pada anak yaitu tetrasiklin. Antibiotik jenis ini menyebabkan gigi berwarna kuning keabu-abuan. Jika hal ini terjadi pada saat anak tumbuh gigi susu maka kemungkinan tetrasiklin yang Anda konsumsi saat hamil menjadi penyebabnya. Namun, penggunaan tetrasiklin pada saat hamil untuk saat ini sudah dilarang.

Lantas bagaimana cara untuk merawat dan mencegah gigi kuning pada anak? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam upaya mencegah gigi kuning pada anak diantaranya:

  • Selektif Dalam Memilih Vitamin

Banyak jenis vitamin yang mengandung zat besi terlalu tinggi sehingga meicu gigi kuning. Maka dari itu sebaiknya Anda lebih selektif untuk memilih jenis vitamin anak. Pilihlah vitamin dengan kandungan zat besi seimbang dengan kandungan vitamin yang lainnya sehingga tidak akan menyebabkan gigi kuning pada anak.

  • Batasi Konsumsi Makanan/Minuman Manis

Kandungan pemanis makanan yang terlalu tinggi akan memicu sejumlah kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang dan kuning. Oleh karena itu jangan membiarkan si kecil untuk mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis seperti eskrim, cokelat dan permen. Batasi pemberian makanan manis dan ganti dengan cemilan yang lebih sehat.

  • Ajarkan Sikat Gigi

Malas untuk sikat gigi memang dialami oleh banyak orang disegala usia. Kebiasaan malas untuk menggosok gigi menjadi penyebab kerusakan pada gigi. Penumpukan sisa makanan akan menyebabkan perkembangbiakan bakteri yang mengakibatkan timbulnya plak dan warna kuning pada gigi. Bahkan lama kelamaan menyebabkan gigi berlubang.

Mulailah untuk mengajarkan kebiasaan menggosok gigi pada anak sebagai upaya mencegah gigi kuning dan kerusakan lainnya. Ajarkan kebiasaan tersebut sejak dini dan berikan contoh yang baik sehingga si anak lebih mudah untuk mengikuti kebiasaan baik tersebut. Biasanya pribadi seorang anak cenderung meniru setiap hal yang Anda lakukan termasuk kebiasaan baik dalam menggosok gigi.

Related Posts

Share This