Cara Mudah Untuk Menghitung Gerakan Janin

Merasakan gerakan janin memang bukan perkara yang mudah bagi wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan. Biasanya gerakan si kecil didalam kandungan baru dirasakan pada minggu ke 18-20. Berbdeda ketika menjalani kehamilan selanjutnya maka gerakan janin akan dengan mudah dirasakan pada minggu ke 14-18. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka gerakan janin akan semakin bertambah sehingga dalam hal ini Anda bisa menghitung gerakan tersebut dengan cara menyenangkan dan mudah dari mulai minggu pertama hingga menjelang persalinan.

Ketika usia kehamilan menginjak minggu ke 36 maka ukuran bayi sudah semakin besar dan mengisi hampir seluruh rahim sehingga gerakannya terbatas. Biasanya hanya berupa gerakan kecil seperti menendang atau meninju. Memasuki dua minggu terakhir menjelang persalinan maka gerakan janin akan semakin menurun dan kondisi tersebut tidak perlu dicemaskan. Anda bisa mulai menghitung gerakan janin dan memastikan bahwa tidak ada gangguan.

Inilah Cara Mudah Untuk Menghitung Gerakan Janin

  • Lakukan Penghitungan Secara Teratur

Anda bisa menghitung gerakan janin didalam kandungan secara teratur. Hal ini bisa Anda lakukan setelah merasakan gerakan yang pertama kalinya. Gerakan untuk pertama kalinya memang berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Sebagian ibu hamil biasanya peka di usia kehamilan 19 minggu sehingga menginjak usia kehamilan 27 atau 28 bisa menghitung gerakan janin secara berkala.

  • Jadwalkan Waktu Gerakan Janin

Dalam menghitung gerakan janin, Anda bisa membuat jadwal secara teratur yaitu pada pagi, siang dan malam. Usahakan supaya Anda melakukan penghitungan tersebut secara rutin setiap hari dengan jadwal yang telah ditentukan sehingga mendapatkan hasil yang akurat.

  • Posisi Nyaman

Usahakan posisi Anda senyaman mungkin sehingga gerakan janin bisa dirasakan dengan jelas. Anda bisa duduk dan berbaring sambil bersantai mendengarkan musik klasik. Nah, cara seperti ini tentunya akan membuat Anda lebih mudah merasakan gerakan janin dan mengetahui gambaran kondisi kesehatan janin.

  • Catat Gerakan Janin

Untuk mencatat gerakan janin memang terbilang bukan hal yang mudah. Namun Anda dapat melakukannya secara perlahan dimulai dengan mencatat waktu pertama kali janin melakukan gerakan. Hitung berapa kali janin bergerak. Lalu setelah itu catat kembali waktu terakhir janin bergerak.

  • Hitung Gerakan Yang Bervariasi

Bayi didalam kandungan tidak hanya bergerak memutar dan menendang saja, seiring bertambahnya usia kehamilan maka gerakannya akan semakin bervariasi dan Anda akan semakin merasakan perkembangan tersebut. Anda bisa menghitung gerakan memutar, menendang, cegukan ataupun tinju.

Demikian beberapa langkah cara menghitung gerakan janin yang menyenangkan dan bisa Anda coba. Menghitung gerakan janin berguna dalam membantu Anda untuk mengetahui perkembangan disetiap tahapnya. Hasilnya bisa Anda konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517