Cara Mudah Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung pada bayi merupakan salah satu keluhan yang membuat si kecil merasa tidak nyaman. Biasanya kondisi tersebut akan menyebabkan si kecil menjadi rewel. Perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas di dalam saluran pencernaan. Faktor penyebabnya sangat beragam, salah satunya yaitu bisa berasal dari makanan.

Secara normal, di dalam perut memang memiliki kandungan udara. Namun jika volume udara tersebut meningkat atau bahkan berlebihan maka akan mengakibatkan perut kembung dan menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh faktor makanan, intoleransi laktosa dan ada gangguan pernapasan. Kondisi tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan karena bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembang si kecil.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

  • Menepuk bagian punggung bayi

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi yaitu dengan menepuk bagian punggung bayi. Usahakan untuk membuat si kecil bersendawa setelah makan atau menyusu. Tepuk secara lembut pada bagian punggung selama beberapa saat hingga bersendawa. Dengan begitu secara perlahan angin di dalam perut si kecil akan menghilang.

  • Menggunakan air hangat

Air hangat bisa Anda gunakan untuk meredakan perut kembung pada bayi. Caranya sangat mudah yaitu dengan memandikan bayi menggunakan air hangat ataupun memberikan sedikit air hangat untuk diminum oleh si kecil. Cara seperti ini dinilai cukup efektif untuk meredakan perut kembung pada bayi.

  • Mengusap lembut bagian perut bayi

Anda bisa menggunakan minyak telon untuk meredakan perut kembung pada bayi. Usapkan secara lembut pada bagian perut si kecil hingga merata dan perlahan.

  • Selektif dengan susu formula

Dalam memilih susu formula untuk si kecil, Anda harus lebih selektif. Hindari produk susu formula yang bisa menyebabkan perut kembung pada bayi. Sebab tidak semua jenis susu formula cocok untuk si kecil dan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

  • Latihan untuk bayi

Lakukan latihan ringan untuk si kecil dengan cara memegang bagian kakinya kemudian biarkan bergerak secara perlahan. Latihan seperti ini akan membantu meningkatkan gerakan usus si kecil sehingga secara perlahan akan mengeluarkan gas dari dalam perut si kecil.

  • Biarkan si kecil aktif bergerak

Untuk mengeluarkan gas dari dalam perut si kecil, biarkan dia bergerak aktif. Gerakan tubuhnya akan merangsang pergerakan usus sehingga memicu gas dari dalam perut untuk keluar secara perlahan dalam bentuk sendawa.

Nah, itulah cara mengatasi perut kembung pada bayi. Pada dasarnya, untuk mencegah perut kembung pada bayi sangat mudah yaitu dengan menghindari jenis makanan yang mengandung gas selama Anda menjalani proses menyusui. Selain itu, pada waktu menyusui pastikan mulut si kecil menempel dengan benar pada payudara sehingga meminimalisir udara yang masuk ke dalam mulut si kecil.

Related Posts

Share This