Cara Mudah Merawat Kuku Bayi

Merawat bayi merupakan salah satu pekerjaan yang tergolong gampang-gampang susah. Hal ini karena bayi masih sangat sensitif sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus terutama dalam hal kebersihan.

Salah satu bagian tubuh si kecil yang perlu Anda perhatikan kebersihannya yaitu kuku. Pentingnya menjaga kebersihan kuku bayi terkait dengan kebiasaan si kecil yang suka mengemut jari-jari mungilnya tersebut. Jika kebersihannya tidak dijaga maka sangat rentan terjadi infeksi akibat dari adanya bakteri dari kuku masuk kedalam mulut.

Memotong kuku bayi terkadang menjadi suatu kegiatan yang menegangkan bagi kebanyakan orang karena takut menyakiti si kecil. Bahkan sebagian orang tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memotong kuku si kecil.

Pentingnya merawat kuku bayi yang baru lahir bertujuan untuk menjaga kebersihan dan mencegah supaya si kecil tidak terluka. Kuku bayi yang baru lahir cenderung lebih cepat tumbuh sehingga disarankan bagi Anda untuk memotongnya dua kali dalam seminggu.

Berbeda dengan kuku jari tangan, pada bagian kaki biasanya kuku tumbuh lebih lambat sehingga cukup dipotong 2 kali dalam sebulan. Memotong kuku bayi bisa dilakukan dengan kcara sederhana yaitu menggunakan gunting kuku khusus untuk bayi.

Gunakan gunting kuku yang tajam sehingga tidak akan menyakiti bayi dan memudahkan Anda untuk membersihkan kuku tersebut. Lakukan secara hati-hati dan jangan tegang karena bisa membuat si kecil terluka.

Perlu diingat bahwa memotong kuku bayi harus dilakukan secara teratur seiring dengan petumbuhannya. Semakin aktif gerakan si kecil maka dikhawatirkan kuku yang panjang akan melukai wajah ataupun anggota tubuh yang lainnya.

Perhatikan pula cara memotong kuku bayi. Lakukan secara merata dan jangan terlalu pendek karena bisa melukai kulit bayi. Jika terjadi luka pada sekitar kuku maka rentan mengakibatkan terjadinya infeksi. Kondisi tersebut tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan si kecil.

Ketika memotong kuku bayi sebaiknya lakukan di tempat yang terang supaya tidak melukai si kecil. Cara memotongnya yaitu dengan memegang telapak tangan dan jari tangan si kecil menggunakan satu tangan. Mulailah untuk memotong kuku bayi satu per satu secara perlahan. Lakukan dengan sangat hati-hati.

Jika Anda kesulitan karena pergerakan bayi terlalu aktif maka mintalah bantuan orang terdekat Anda untuk memegang si kecil selagi Anda memotong kukunya. Lakukan secara hati-hati dan jangan sampai melukai si kecil.

Apabila kulit si kecil luka dan terjadi pembengkakan di sekitar kukunya maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik guna mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah.

Merawat kuku bayi harus dilakukan dengan hati-hati. Kegiatan ini terlihat mudah akan tetapi membutuhkan kesabaran untuk melakukannya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This