Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Perut kembung saat hamil termasuk salah satu keluhan yang sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan. Kondisi tersebut tidak perlu dicemaskan karena bersifat normal dan wajar. Akan tetapi tidak boleh disepelekan karena mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam beraktivitas.

Perut terasa kembung saat hamil dipicu oleh penumpukan gas seperti karbondioksida, metana, oksigen dan bahkan hidrogen. Kondisi tersebut dipicu oleh perubahan hormone kehamilan. Selain itu, faktor penyebab lainnya adalah makanan yang mengandung gas.

Memasuki masa kehamilan, hormone progesterone mengalami peningkatan yang signifikan. Meningkatnya hormone tersebut memberikan pengaruh terhadap jaringan otot menjadi lebih rileks, salah satunya yaitu ototn pada saluran pencernaan.

Otot-otot pencernaan yang melemah mengakibatkan proses pencernaan terhambat. Nah, kondisi tersebut yang menyebabkan gas di perut semakin bertambah sehingga mengakibatkan ibu hamil merasakan kembung.

Faktor lain penyebab perut kembung yaitu makanan, cuaca dingin dan efek dari obat. Perut kembung saat hamil terlihat sepele, akan tetapi jika dibiarkan bisa mengakibatkan masalah yang sangat serius. Maka dari itu untuk mengatasi perut kembung, berikut kami merangkum beberapa tips untuk Anda!

  1. Biasakan untuk mengunyah makanan dengan benar sehingga proses pencernaan akan berjalan lebih mudah.
  2. Hindari jenis makanan yang mengandung gas penyebab perut kembung seperti minuman bersoda, buah durian, tape, asparagus, brokoli dan jenis makanan lainnya.
  3. Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Hindarilah kebiasaan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.
  4. Gunakan pakaian longgar dan tidak memberikan tekanan pada perut.
  5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kafein bisa menyebabkan beberapa masalah pada ibu hamil seperti bayi prematur, darah tinggi dan perut kembung.
  6. Lakukan olahraga ringan untuk membantu memperlancar saluran pancernaan dan sirkulasi darah.

Adapun cara lain untuk mengatasi perut kembung saat hamil yaitu sebagai berikut:

  • Gunakan minyak oles untuk membuat perut Anda terasa lebih hangat. Gunakan minyak telon, minyak kayu putih ataupun minyak zaitun.
  • Konsumsilah obat herbal seperti air jahe, olahan kayu manis, temu putih dan kapulaga. Hindari obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
  • Usahakan untuk bersendawa atau buang angin untuk meminimalisir penumpukan gas di dalam perut.

Perut kembung pada waktu hamil merupakan hal yang wajar dan bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius. Hanya saja keluhan tersebut akan mengganggu kenyamanan ibu hamil jika tidak segera ditangani dengan benar.

Selain melakukan beberapa tindakan diatas, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran medis terkait kondisi yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Share This