Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak

Mengatasi mata bengkak. Mata bengkak merupakan gangguan kesehatan akibat adanya cairan atau edema yang menumpuk serta berlebihan di sekitar mata. Biasanya kondisi tersebut disebut dengan istilah periorbital (kelopak mata bengkak). Selain itu, penyebab mata bengkak yang lainnya yaitu infeksi, luka, trauma dan kondisi lainnya yang terjadi di sekitar mata.

Pembengkakan disekitar kelopak mata sebaiknya segera diatasi untuk mencegah terjadinya peradangan pada mata. Pada kasus yang lain, pembengkakan pada kelopak mata biasanya diakibatkan oleh faktor alergi terhadap suatu hal. Penanganan yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya resiko yang lebih parah dan mengakibatkan indera penglihatan terganggu.

Cara mengobati mata bengkak sebelah bisa menggunakan berbagai metode sederhana seperti ramuan herbal lidah buaya, mentimun dan tetes mata dari dokter. Ramuan herbal tersebut sangat efektif untuk mengatasi mata bengkak sebab mengandung vitamin E.

Mata bengkak tentunya akan mengganggu kenyamanan Anda ketika beraktivitas dan tentunya hal ini sangat beresiko menyebabkan gangguan yang lebih parah jika tidak segera ditangani. Lalu bagaimana untuk menghobati mata bengkak?

  1. Air es

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untukmengatasi mata bengkak yaitu dengan menggunakan air es. Bungkuslah es atau celupkan handuk kecil kedalam air es kemudian kompres bagian mata yang terasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan the celup yang dibasahi air dingi kemudian tempelkan pada mata. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan menghilangkan pembengkakan.

  1. Krim khusus mata

Obat sakit mata bengkak yang selanjutnya yaitu menggunakan krim khusus mata yang mengandung vitamin E. Namun dalam penggunaan obat sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari kemungkinan yang bisa memperparah kondisi mata Anda.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi pilihan Anda dalam mengatasi pembengkakan pada kelopak mata. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya berguna dalam meredakan dan menyembuhkan sakit mata. Cara menggunakannya yaitu kupas lidah buaya kemudian oleskan bagian gelnya pada sekitar kelopak mata.

  1. Mentimun

Cara mudah mengatasi pembengkakan pada mata yang selanjutnya yaitu menggunakan mentimun. Potong mentimun sengan ukuran yang disesuaikan kemudian tempelkan pada bagian mata untuk beberapa saat. Lakukan secara rutin hingga pembengkakan pada mata berkurang dan tidak terasa sakit lagi.

Selain beberapa cara diatas, Anda juga bisa menggunakan daun sirsak, kulit manggis dan daun sirih untuk mengatasi pembengkakan pada mata. Tanaman tersebut mengandung zat anti-bakteri, anti-imflamasi, anti-peradangan dan juga anti-virus yang mampu meredakan pembengkakan mata. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus kemudian air rebusannya diminum dan sebagian dioleskan pada kelopak mata.

Kandungan vitamin dan zat antioksidan dari daun-daunan tersebut mampu mengatasi radikal bebas dan menghentikan terjadinya peradangan. Jika kondisi pembengkakan tak kunjung membaik maka segera periksakan diri ke dokter ahli.

Related Posts

Share This