Cara Mudah Mengatasi Biduran Pada Anak

Biduran pada anak atau yang lebih dikenal dengan kaligata merupakan reaksi kulit yang mengakibatkan timbulnya bintik-bintik putih atau merah dan terasa sangat gatal. Pada awalnya biduran akan muncul pada salah satu bagian tubuh saja , namun akan menyebar keselauruh abgain tubuh disertai rasa gatal. Kondisi ini tentunya akan membuat tidak nyaman.

Tidak hanya menyebabkan gatal, ternyata biduran pada anak juga teras perih. Biduran bisa terjadi hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Apabila tidak segera ditangani dnegan benar maka bisa memicu iritasi akibat sering digaruk. Pada sebagian kasus, biduran bisa bertahan cukup lama sehingga hal ini menyebabkan kerusakan pada kulit.

Nah, sebelum mengulas tentang cara mengatasi biduran, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui penyebab timbulnya biduran pada anak. Jika penyebabnya sudah diketahui maka akan lebih mudah untuk menanganinya. Apa saja penyebab biduran tersebut?

Penyebab Biduran Pada Anak

  1. Makanan

Nah, salah satu penyebab biduran pada anak yaitu berasal dari makanan yang menyebabkan alergi seperti coklat, kerang, kacang, ikan, susu, udang dan makanan penyebab alergi lainnya. Maka dari itu, apabila si kecil memiliki riwayat alergi sebaiknya menghindari makanan tersebut untuk mencegah timbulnya biduran.

  1. Obat-obatan

Efek samping mengkonsumsi obat-obatan kimia bisa memicu resiko biduran. Secara tidak langsung efek samping obat menyebabkan alergi yang pada akhirnya timbul biduran. Salah satu jenis antibiotik yang seringkali memicu alergi pada anak yaitu ibuprofen.

  1. Penyebab Lain

Selain kedua penyebab diatas, biduran juga bisa disebabkan oleh perubahan suhu ataupun gigitan serangga yang memicu reaksi alergi.

Mengatasi Biduran Pada Anak

Biduran akanĀ  mengganggu kenyamanan anak, maka dari itu gangguan kesehatan yang satu ini harus segera diatasi dengan benar. Nah, untuk meredakan gejala biduran tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Mandi Air Dingin
Baca Juga:  Vitamin C Untuk Anak, Berapa Dosis yang Dibutuhkan?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi biduran pada anak yaitu dengan memandikannya menggunakan air dingin. Perlu Anda ketahui bahwa air dingin memiliki khasiat dalam menenangkan kulit yang iritasi dan mencegah terjadinya peradangan. Akan tetapi jangan terlalu lama memandikan si kecil, cukup 10 menit saja.

  1. Gunakan Krim Anti Gatal

Seusai Anda memandikan si kecil maka langkah selanjutnya yaitu menggunakan krim anti gatal. Oleskan krim tersebut untuk meredam rasa gatal sehingga si kecil tidak akan menggaruknya. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan alami berupa minyak zaitun.

  1. Gunakan Baju Panjang

Apabila si kecil terkena biduran maka sebaiknya kenakkan baju dan celana panjang. Tujuannya yaitu untuk meredam rasa gatal dan mencegah si kecil supaya tidak menggaruknya. Apabila kondisi biduran semakin parah dan tak kunjung sembuh maka segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkanĀ  penanganan yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517