Cara Mudah Mengajari Anak Membaca

Sebagai seoarng bunda, melihat anak mampu membaca dengan baik merupakan salah satu hal yang bisa membuat bunda menjadi sangat bangga. Namun, ada juga beberapa kendala yang membuat anak menjadi sangat sulit untuk bisa membaca dengan baik. Dan mungkin bunda akan bertanya-tanya, bagaimana cara mengajari anak membaca dengan baik dan benar?

cara mengajarkan anak membaca

Nah, agar si kecil bisa dengan cepat membaca, maka ada beberapa point penting yang harus bunda perhatikan dalam mengajarkan anak membaca, dan bunda bisa menerapkannya ketika berada di rumah. Dan berikut ini, ada beberapa hal yang harus bunda hindari ketika bunda hendak menerapkan cara mengajari anak membaca dan menulis, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika bunda tengah mengajari anak membaca, jangan sampai bunda membuat si kecil menjadi jenuh, yaitu dengan memberikan banyak materi kepada si kecil dan memberikannya banyak tes. Dan hal itu akan membuat si kecil cepat bosan.
  2. Bunda harus menghindari untuk memaksa si kecil ketika akan mengajarinya membaca.
  3. Jangan pernah bunda merasa kaku ataupun tegang ketika bunda mengajari si kecil membaca. Buatlah suasana yang santai, rileks, namun tetap serius.
  4. Bunda juga harus menghindari untuk mengajari si kecil dengan menggunakan abjad yang dirasanya rumit, dan sebaiknya bunda mengajarkan si kecil membaca dengan beberapa kata yang simple dan bisa membuat si kecil merasa senang ketika belajar.
  5. Bunda juga harus membuat suasana hati si kecil menjadi senang ketika belajar, buatlah ia nyaman dengan cara mengajar bunda.
  6. Bunda bisa menciptakann metode mengajar yang sedikit berbeda serta lebih menghibur hati si kecil. Dan jangan pernah bunda untuk membuat si kecil merasa bosan untuk belajar.

Nah, agar si kecil bisa dengan mudah menangkap pelajaran membaca yang bunda terapkan, maka sebaiknya bunda menggunakan cara mengajar yang sederhana dalam pengenalan kata-kata. Dan yang paling popular di gunakan oleh bunda dalam mengajari si kecil membaca yaitu metode Glen Doman. Dan berikut ini beberapa cara yang lebih di sukai anak ketika mereka tengah belajar membaca, yaitu sebagai berikut:

  1. Bunda bisa membuat beberapa kata yang memang dibagi menjadi 3 set kategori, dan bunda bisa membentuknya dalam kartu yang terbuat dari kertas karton juga spidol. Bunda bisa menulis kategori tersebut dengan menggunakan spidol, dan bunda bisa membuat beberapa kata yang memang telah bunda bagi menjadi 3 set kategori ini.
  2. Misalkan bunda bisa menuliskan nama dari anggota keluarga di bagian set A, seperti ayah, ibu, nenek, kakek, dan lain sebagainya. Di set B, bunda bisa menuliskan beberapa nama buah, dan yang terakhir di set C bunda bisa menuliskan nama-nama binatang yang lebih di kenal oleh si kecil seperti kelinci, kucing, gajah, dan lain sebagainya.
  3. Bunda bisa menyuruh si kecil untuk mengambil kartu yang ada di dalam tumukan pertama, yaitu kategori A. Setelah itu, bunda bisa membacakan tulisan yang ada di dalam kartu tersebut secara perlahan, dan bunda bisa mengajak si kecil untuk menirukannya.
  4. Nah, untuk hari pertama, bunda bisa melakukan cara ini maksimal 3 sampai 5 kali di bagian kategori A. Karena jika bunda melakukannya terlalu banyak akan membuat si kecil cepat merasa bosan.
  5. Dan untuk hari selanjutnya, bunda bisa melakukan cara ini untuk kategori A sebanyak 3 kali, dan kategori B sebanyak 3 sampai 6 kali. Dan untuk hari-hari selanjutnya, bunda masih bisa menerapkan carayang sama untuk kategori A, B juga C masing-masing tiga kali.

Nah, bunda bisa melakukan cara ini ketika bunda ingin mengajari anak membaca, tapi ingat, bunda jangan terlalu memaksakan kemampuan si kecil, karena kemampuan yang di miliki setiap anak berbeda-beda. Semoga bunda berhasil!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517