Cara Mudah Melahirkan Normal yang Benar

Halo bunda, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa cara mudah melahirkan normal yang pastinya bisa bunda ikuti dan aman untuk kesehatan bunda juga janin yang ada di dalam kandungan bunda. Nah, perlu bunda ketahui, bahwa setiap wanita hamil pastinya memiliki cerita yang beragam tentang proses persalinan. Momen persalinan pastinya merupakan satu tantangan terbesar bagi setiap wanita, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali mengalami proses terbesar ini. Bukan hanya itu, setiap wanita hamil pastinya menginginkan proses persalinan normal yang berjalan dengan lancer tanpa adanya kendala yang cukup berarti. Namun sayangnya tidak semua wanita bisa melangsungkan proses persalinan dengan normal.

Cara Mudah Melahirkan Normal

Bukan hanya dikarenakan alasan medis, namun masih banyak cara melahirkan normal yang benar yang bisa bunda lakukan. Dan biasanya, rasa sakit ketika proses persalinan tidak akan lama. Rasa sakit ini hanya akan muncul ketika terjadinya kontraksi, dan setelah itu rasa sakit tidak akan bunda rasakan kembali. Oleh karena itu, sebaiknya bunda hilangkan perasaan sakit ketika proses persalinan itu, karena pada kenyataannya ketika bunda melahirkan, bunda tidak akan merasakan sakit.

Selain bunda mengikuti sejumlah saran yang di berikan oleh dokter kepada bunda, bunda juga bisa mengikuti beberapa tips agar mudah melahirkan. Dan di bawah ini ada beberapa cara mudah melahirkan normal yang bisa bunda ikuti, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Posisi Paling Tepat Bagi Buah Hati

Agar proses persalinan bunda dapat berjalan dengan lancer dan aman, maka bunda harus mampu mengatur ruang luncur bayi. Sebaiknya posisi bayi ditempatkan agak miring, dan untuk posisi kepala sebaiknya berada di bagian bawag. Dan posisi ini akan sangat mempermudah bunda dalam melangsungkan proses persalinan. Agar posisi bayi yang ada di dalam kandungan bisa bunda ciptakan, maka bunda harus rajin untuk melakukan latihan tertentu ketika janin masih berusia 3-4 bulan ketika masih berada di dalam kandungan. Bunda bisa melakukan latihan ini dengan cara berlutut di atas lantai, atau bahkan bunda juga bisa melakukan latihan dengan posisi badan condong kea rah belakang. Dan setelah itu sandarkan tubuh bunda pada bola fitness atau bunda juga bisa menggunaka kursi. Hal ini bunda lakukan dengan tujuan agar posisi lutut tidak lebih tinggri dari bokong. Dan latihan ini juga sudah terbukti bisa bunda gunakan untuk mengatur posisi janin untuk mengarah ke bagian bawah, sehingga akan memudahkan bunda dalam melangsungkan proses persalinan.

  1. Terapkan Posisi Jongkok

Posisi jongkok ini bisa bunda terapkan guna membantu bunda untuk memudahkan dalam proses persalinan. Bukan hanya posisi jongkok, bunda juga bisa menerapkan posisi sujud. Dan posisi melahirkan dengan cara ini bisa membantu bunda agar bayi bisa keluar menuju arah serviks dengan cepat.

  1. Selalu aktif saat mengalami kontraksi

Ketika bunda mengalami kontraksi, sebaiknya bunda aktif dan sangan malas untuk bergerak. Memang benar, ketika terjadi kontraksi, bunda memang dianjurkan untuk tetap tidur dan beristirahat, namun jika kontraksi berhenti, alangkah lebih baik jika bunda sedikit bergerak walaupun hanya berjalan-jalan santai di sekitar tempat persalinan. Jangan lupa untuk tetap menjaga posisi tubuh agar selalu tegak, tujuannya yaitu agar proses pembukaan terjadi lebih cepat dan si kecil yang ada di dalam kandungan bisa keluar dengan mudah.

  1. Selalu Menjaga Kesehatan

Syarat utama ketika bunda akan melangsungkan proses persalinan yaitu kesehatan tubuh yang tetap terjaga dengan baik. Maka dari itu, bunda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi setiap saatnya. Satu hal yang tidak boleh bunda lupakan, yaitu beristirahat dengan cukup dan jangan melakukan hal yang berat. Karena ketika proses persalinan, bunda akan sangat membutuhkan tenaga yang banyak.

Related Posts

Share This