Cara Merawat Bayi Kembar yang Menyenangkan

Cara merawat bayi kembar. Betapa bahagianya bagi Anda yang dianugerahi bayi kembar, karena tidak semua orang bisa mendapatkan bayi kembar, bahkan pengalaman dalam merawat si kecil pun akan jauh lebih meakjubkan. Bahkan tugas dari seorang ibu yang memiliki bayi kembar menjadi dua kali lipat, namun walaupun seperti itu, jika Anda menikmati peranan sebagai ibu dari bayi kembar, maka semuanya akan terasa sangat menyenangkan.

Dalam merawat bayi kembar sangat membutuhkan persiapan mental, fisik juga finansial yang mencukupi, namun walaupun seperti itu, jika Anda sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum proses persalinan berlangsung, maka Anda bisa jauh lebih terbiasa akan hal ini.

Umumnya, dalam proses merawat bayi kembar, biasanya Anda dan suami membutuhkan pihak ketiga, misalkan seperti baby sitter. Namun walaupun Anda memiliki baby sitter, akan tetapi tidak sepenuhnya Anda menyerahkan tugas untuk merawat bayi kembar kepada baby sitter. Karena peranan Anda juga suami sebagai orangtua sangatlah penting guna memantau tumbuh kembang si kembar.

Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat bayi kembar yang memang bisa Anda peraktekkan ketika Anda memiliki bayi kembar yang lucu, agar Anda tidak lagi kewalahan dalam merawat kedua malaikat Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Memandikan

Salah satu aktivitas yang kerap kali membuat Anda menjadi repot yaitu ketika si kembar dimandikan, apalagi jika si kecil harus dimandikan secara bersamaan. Di usia bayi yang masih 0-6 bulan, keadaan tubuh si kecil masih rentan dan jauh dari kata sempurna, sehingga Anda harus memandikan si kecil secara bergiliran. Namun jika si kecil sudah bertambah usianya dan ketika si kecil mulai bisa duduk dengan tegak, maka anda bisa memandikannya secara bersamaan.

  1. Mengganti Baju

Kegiatan yang memang tidak akan pernah terlepas dalam proses perawatan bayi yaitu mengganti baju, celana sampai popok si kecil. Nah, sebelum si kecil di mandikan, terlebih dahulu sebaiknya Anda sudah mempersiapkan perlengkapan si kecil seperti kosmetik juga pakaiannya. Jangan lupa untuk Anda menyiapkan handuk dan simpan di dekat Anda agar memudahkan anda untuk menjangkau perlengkapan tersebut. Satu hal yang harus Anda ingat, bahwa kembar itu tidak selalu identik dengan pakaian yang sama.

  1. Menyusui

Pemberian ASI memang sangat di anjurkan, khususnya pemberian ASI eksklusif sampai si kecil berusia 6 bulan. Dalam pemberian ASI, Anda seharusnya menggunakan manajemen laktasi yang baik guna mendapatkan ASI yang baik juga untuk si kembar. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga bisa menyuapkan ASI perah untuk diberikan sewaktu-waktu kepada si kecil.

  1. Pemberian Makanan Pendamping ASI

Di usia si kecil yang memasuki usia 6 bulan, Anda sudah mulai bisa memperkenalkan si kecil dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Ketika Anda akan memberikan makanan pendamping ASI kepada si kembar, maka Anda bisa menyiapkannya pada piring yang berbeda, sehingga Anda bisa mengetahui porsi makan dari si kembar. Dan Anda bisa memberikan makan secara bergantian, dan jika Anda mengalami kerepotan, maka Anda bisa meminta bantuan dari pihak ketiga untuk membantu Anda menyuapi si kecil.

  1. Stroller

Peralatan lainnya yang memang bisa membantu Anda dalam merawat bayi kembar yaitu stroller, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menggendong si kembar jika harus pergi ke pasar atau hanya sekedar di rumah. Dengan bantuan stroller juga bisa mempermudah Anda untuk membawa si kecil ketika akan keluar rumah seperti ke mol. Untuk jenis stroller, sebaiknya Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan juga kenyamanan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517