Cara Merawat Anak yang Menderita Cacar Air Pada Bayi

Cacar air pada bayi merupakan salah satu jenia penyakit menular yang disebabkan oleh virus herpes. Hal ini dapat menyebabkan ruam yang khas dengan adanya gejala yang ringan seperti flu yang ringan. Banyak diantaranya anak yang akan mengalami cacar air pada bayi ketika usianya masih terbilang muda, dan biasanya penyakit yang di derita merupakan penyakit yang ringan.

Untuk gejala, biasanya cacar air pada balita atau bahkan bayi di tandai dengan adanya flu yang ringan, demam, sakit kepala, mual, sakit serta nyeri, bahkan ketika cacar air terjadi si kecil akan kehilangan nafsu makan mereka. Dan beberapa hari kemudian, ruam cacar air akan muncul yang dimulai dengan bintik-bintik merah kecil yang semakin hari terus berkembang. Umumnya bintik merah ini akna muncul pertama kali di bagian wajah.

Ketika si kecil terkena penyakit cacar air, maka hal yang bisa Anda lakukan yaitu membawanya ke dokter guna memperoleh perawatan yang lebih baik. Karena jika tidak segera di bawa ke dokter, maka cacar air akan menjadi bahaya terhadap tubuh si keicl dan bisa terjadinya komplikasi pada anak yang masih berada di usia yang masih muda.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bsia Anda lakukan dalam merawat anak atau bayi yang menderita cacar air pada bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda bisa memberikan si kecil parasetamol, parasetamol ini bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh si kecil serta mampu meredakan rasa sakit juga nyeri, dengan catatan si kecil sudah berusia 2 tahun lbih. Untuk dosis pemberiannya, mungkin anda bisa bertanya kepada dokter. Namun bagi si kecil yang memiliki alergi terhadap parasetamol, bisa diberikan ibuprofen sebagai pengganti parasetamol, dengan catatan dosis dan usia yang tepat.
  2. Anda bisa memberikan si kecil cukup banyak cairan, hal ini guna mencegah terjadinya dehidrasi pada si kecil. Pemberian ASI bagi bayi yang masih menyusu sangat di anjurkan, hal ini guna menjaga asupan nutrisi juga kekebalan tubuhnya.
  3. Guna mengatasi bintik gatal pada si kecil, maka Anda bisa menggunakan lotion kelamin. Jika si kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun, serta gatal yang dialami sangat mengganggu si kecil, maka biasanya dokter akan memberikan resep antihistamin chlorphenamine. Obat ini juga memiliki efek untuk memberikan ketenangan bagi si kecil dan bisa membuat si kecil menjadi tertidur.
  4. Anda harus memastikan kuku si kecil ada dalam keadaan pendek, apalagi jika si kecil terus-menerus menggaruk bagian yang gatal. Hal ini akan membantu si kecil terkena infeksi.
  5. Bunda bisa menggunakan pakaian yang longgar untuk si kecil, dan pakaian katun menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anak Anda guna mengurangi rasa gatal serta menghindari adanya keringat yang berlebih.
  6. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun anti septik untuk memandikan si kecil, hal ini membantu untuk mengurangi rasa gatal pada si kecil.
  7. Segera periksakan kembali ke dokter jika si kecil mengalami infeksi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517