Cara Merawat Anak Ketika di Rumah Sakit

Gangguan kesehatan pada anak bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Bahkan masalah kesehatan yang serius mengharuskan Anda untuk merawat si kecil di rumah sakit. Kondisi seperti ini terkadang membuat sebagian orangtua merasa sangat menakutkan dan khawatir. Oleh karena itu dalam hal ini sebaiknya Anda mengetahui cara merawat anak dengan tindakan tepat sewaktu di rumah sakit.

Poin penting dalam merawat anak dirumah sakit adalah tetap tenang dan jangan panik. Lakukan sesuai dengan intruksi dari dokter dan tetap tunjukan sikap tenang sehingga anak akan merasa lebih aman dan nyaman dengan kehadiran Anda,. Hal ini akan mempercepat proses penyembuhan anak.

Berikut Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Anak Di Rumah Sakit

  1. Bersikap Tenang

Tidak peduli seberapa serius gangguan kesehatan pada anak, yang terpenting bagi Anda adalah tetap tenang. Sikap tenang Anda akan meyakinkan anak bahwa semuanya baik-baik saja sehingga tidak menimbulkan kecemasan. Situasi yang menegangkan akan membuat anak merasa ketakutan sehingga proses penyembuhan membutuhkan waktu lebih lama.

  1. Tinggalah Di Rumah Sakit

Ketika anak Anda di rawat sebaiknya Anda jangan pernah untuk meninggalkan dan tidak mendampinginya. Hal ini karena anak-anak maupun orang dewasa akan merasa lebih nyaman ketika ada orang tersayang yang menemani di sisi mereka.

  1. Jelaskan Perkara Waktu

Jangan menjelaskan terlalu banyak hal pada anak mengenai penyakit yang dideritanya. Hal ini bisa menimbulkan kecemasan yang bisa mempengaruhi proses penyembuhan. Dalam hal ini Anda bisa menjelaskan perkara waktu kapan datang dan bisa kembali pulang.

  1. Bawalah Perlengkapan Dari Rumah

Meskipun pihak rumah sakit sudah menyediakan perlengkapan untuk pasien. Namun jika naka Anda memiliki barang kesukaan seperti selimut atau boneka maka tidak ada salahnya untuk bertanya pada petugas medis mengenai perlengkapan yang akan dibawa.

  1. Rencana Kegiatan Berikutnya

Anda bisa memberikan sesuatu yang diharapkan anak setelah keluar dari rumah sakit. Salah satu contohnya mengajak liburan atau memberikan video game baru. Nah, langkah seperti ini akan membuat perasaan anak lebih senang sehingga akan berdampak terhadap proses pemulihan yang lebih cepat.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam merawat anak ketika dirumah sakit. Hal penting yang harus selalu Anda lakukan adalah menjaga perasaan anak supaya tidak merasa cemas. Tunjukan sikap tenang ketika berada di depan anak sehingga hal ini akan membuatnya lebih nyaman. Jangan sesekali menceritakan bahaya dari penyakit yang sedang dideritanya. Tindakan ini bisa memberikan dampak psikologis yang buruk pada anak sehingga memicu proses penyembuhan yang lambat. Bahkan bisa memperparah kondisi kesehatanya atau bahkan memicu penyakit lain. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This