Cara Menyenangkan Untuk Bermain Dengan Bayi

Bayi yang baru lahir cenderung belum banyak bergerak sehingga Anda akan kesulitan untuk mengajaknya bermain. Pada dasarnya bayi yang baru lahir belum memiliki kemampuan untuk merespon setiap gerakan ataupun suara Anda. Bermain dengan bayi yang baru lahir merupakan salah satu cara untuk menstimulus perkembangannya dan mencegah dari kebosanan.

Bermain bersama anak merupakan salah satu cara untuk membangun dan mempererat ikatan batin. Bermain juga menjadi sarana dalam berkomunikasi, bersosialisai serta memahami lingkungan sekitarnya. Stimulasi yang dilakukan ketika bayi bermain akan berdampak positif terhadap tumbuh kembangnya.

Salah satu hal yang akan dipelajari oleh bayi ketika bermain bersama adalah sentuhan, kenyamanan dan suara Anda sebagai orangtuanya. Dalam hal ini Anda bisa mendorong si kecil untuk belajar dengan cara memberikan stimulus pada indera bayi dengan cara yang positif. Berikan sentuhan dan belaian lembut pada si kecil disertai dengan suara halus. Dengan begitu bayi Anda akan merasa lebih nyaman untuk diajak bermain.

Bayi yang baru lahir lebih suka melihat wajah Anda sebagai ibunya. Pada awal kelahirannya bayi akan mengenali suara Anda dan suara-suara menarik lainnya. si kecil akan cenderung untuk berusaha mencari sumber suara tersebut. Ketika Anda tersenyum dan mengajaknya berbicara secara tidak langsung hal tersebut akan membuat perasaan si kecil menjadi lebih nyaman.

Kehangatan dan sentuhan dari seorang ibu akan menjadi hal paling menyenangkan bagi si kecil. Secara tidak langsung hal tersebut menjadi stimulus dalam proses tumbuh kembangnya. Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks yang menjamin kelangsungan hidupnya.

Mengajak bayi yang baru lahir untuk bermain bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan memberikan sentuhan lembut dan mengajaknya tersenyum. Pada dasarnya bayi yang baru lahir belum banyak bergerak sehingga hanya berupa stimulus yang bisa Anda lakukan. Hal tersebut sebagai media bermain yang menyenangkan bagi Anda dan si kecil.

Adapun ide untuk mengajak bayi baru lahir bermain yaitu diantaranya sebagai berikut:

  • Nyalakan musik dengan alunan nada lembut, kemudian gendong bayi dan lakukan gerakan sesuai dengan alunan dari musik tersebut.
  • Pilihlah jenis lagu dengan nada yang lembut dan menenangkan. Kegiatan ini akan semakin mengakrabkan Anda dengan si kecil.
  • Gunakan ekspresi wajah seperti senyum, menjulurkan lidah dan mengajak bayi untuk berkomunikasi. Perhatikan respon dan ekspresi wajah si kecil.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis mainan yang akan mrangsang si kecil untuk tersenyum. Gunakan mainan dengan warna mencolok dan mengeluarkan bunyi.

Perkembangan bayi terjadi secara bertahap dan setiap bayi memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda. Dalam hal ini Anda harus memberikan stimulasi untuk merangsang tumbuh kembangnya. Secara tidak langsung stimulasi akan berdampak terhadap perkembangan psikologis dan fisik bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517