Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kurang olahraga, pola makan tidak sehat, kurang istirahat dan stress merupakan sebagian kecil pemicu tekanan darah tinggi yang akibatnya bisa sangat fatal. Dalam hal ini penting sekali untuk mengetahui cara menurunkan darah tinggi secara alami sehingga hasilnya lebih maksimal tanpa efek samping.

Penderita hipertensi harus benar-benar mengontrol tekanan darah karena jika tidak terkontrol maka akan menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius seperti penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini sangat berbahaya tentunya untuk jangka panjang. Jika sudah masuk dalam tahap komplikasi maka sangat fatal dan proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan pada beberapa kasus berujung pada kematian.

Nah, dalam upaya untuk mengatasi hipertensi yang masih dalam tahap ringan maka bisa dilakukan secara alami. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipertensi secara alami? Berikut Ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Olahraga Rutin

Cara menurunkan darah tinggi yang pertama yaitu dengan rutin melakukan olahraga. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa olahraga adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan karena manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu dengan intensitas 30 menit setiap kali melakukannya, maka akan sangat berguna dalam mengontrol tekanan darah. Mulailah berolahraga untuk mencegah penyakit hipertensi.

Rileksasi

Stres bisa memicu tekanan darah tinggi dan menyebabkan serangan jantung. Hindari stress dengan melakukan rileksasi untuk memperlancar sirkulasi darah dan juga mengontrol tekanan darah. Dengan rileksasi maka Anda akan selalu merasa sehat secara fisik maupun mental. Tekanan darah tinggi bisa berasal dari stress pikiran maka hindarilah stress dan bebaskan segala beban pikiran yang sekiranya bersifat negatif.

Olah Napas

Dengan melakukan olah napas maka hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang dan terhindar dari stress. Nah hal inilah yang akan menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi. Lakukan olah napas secara rutin dan teratur untuk menghindari penyakit hipertensi yang sangat membahayakan.

Konsumsi Buah Blueberry dan Yoghurt

Cara menurunkan darah tinggi yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt dan blueberry. Mengkonsumsi blueberry akan menurunkan tekanan darah tinggi karena jenis buah ini mengandung antioksidan tinggi untuk mengontrol sirkulasi darah. Sedangkan probiotik pada yoghurt yang sangat berlimpah akan menjaga sirkulasi dan tekanan darah supaya tetap stabil.

Kurangi Konsumsi Kopi dan Minuman Beralkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi meningkat secara drastis. Hal ini bahkan bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kopi dan alkohol sebaiknya dihindari dan benar-benar ditinggalkan jika Anda ingin terhindar dari semua itu. Bahkan bagi Anda yang sudah menderita gejala tersebut sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengkonsumsi kopi dan minuman beralkohol.

Demikian beberapa cara menurunkan darah tinggi secara alami yang bisa Anda terapkan. Jika memang kondisi tekanan darah tinggi Anda benar-benar parah maka sebaiknya segera lakukan penanganan medis dengan benar dan tepat. Jangan pernah mengabaikan gangguan kesehatan ini karena pada akhirnya bisa sangat berakibat fatal untuk kesehatan dan bahkan keselamatan jiwa Anda. Mulailah untuk hidup sehat, pola makan sehat dan imbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur.

Related Posts

Share This