Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Bahaya Sinar Layar Gadget

Cara menjaga kesehatan mata. Seberapa sering atau bahkan seberapa lama Anda menggunakan gadget dalam satu hari? Dimulai dari penggunaan ponsel, laptop, computer, sampai televise. Di zaman yang serba modern ini, rasanya sangat sulit untuk benar-benar bisa terlepas dari penggunaan barang elektronik seperti gadget ini. Bahkan, untuk aktivitas harian kita juga kerap kali tidak bisa terlepas dari penggunaan gadget, padahal jika penggunaan gadget berlebihan, bisa membahakan kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan mata.

Nah, untuk melindungi mata Anda dari bahaya sinar layar gadget, ada beberapa cara yang pastinya bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan mata Anda. Dan berikut ini ada beberapa cara sederhana dan ampuh untuk melindungi kesehatan mata, yaitu sebagai berikut:

1. Berkedip dan Ubah Posisi Jarak Pandang

Ketika Anda sudah terfokus untuk mengerjakan suatu hal di hadapan layar computer, biasanya kita akan sering lupa untuk mengedipkan mata. Padahal penting untuk Anda ketahui, bahwa berkedip ini merupakan salah satu hal yang penting yang harus Anda perhatikan ketika Anda menggunakan gadget. Karena jika mata Anda dibiarkan terus terbuka dalam waktu yang cukup lama, maka mata Anda akan terasa sangat kering dan tidak nyaman.

2. Posisikan Monitor Sepanjang Lengan Tangan

Ketika Anda tengah bekerja di hadapan computer atau bahkan laptop, Anda harus mengusahakan agar jarak monitor sepanjang tangan dari posisi mata Anda.

3. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Anda juga dianjurkan untuk meluangkan waktu Anda walau beberapa detik untuk memperoleh paparan dari sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan guna meningkatkan ritme sirkadian Anda juga meningkatkan modd kerja Anda.

4. Mengatur Pencahayaan Layar

Ketika Anda menggunakan gadget di ruangan atau bahkan di tempat dengan sinar cahaya yang berlimpah, maka Anda juga harus meningkatkan pencahayaan layar dari monitor Anda. Begitupun sebaliknya, jika Anda berada di ruangan yang redup, maka pencahayaan gadget Anda harus di kurangi sesuai dengan kondisi ruangan.

5. Cegah Silau

Anda harus mematikan kalau layar dari gadget yang Anda miliki bersih. Bahkan ketika tengah menggunakan gadget, Anda dianjurkan untuk tidak merasa silau. Dengan cara Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tirai jendela yang tepat, atau bahkan Anda bisa menyesuaikan tingkat pencahayaan ruangan Anda dengan cahaya gadget.

6. Imbangi dengan Pola Makan yang Baik

Untuk menjaga kesehatan mata, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan juga kandungan omega-3.

7. . Istirahat Setiap 15-20 Menit

Ketika tengah bekerja di depan computer, Anda dianjurkan untuk beristirahat, paling tidak 15-20 menit dalam satu hari, atau bahkan Anda bisa berjalan-jalan di sekitaran tempat kerja Anda.

8. Kurangi Penggunaan Gadget Sesaat Sebelum Tidur

Agar mata Anda tetap sehat, maka Anda dianjurkan untuk membatasi atau bahkan mengurangi penggunaan gadget sebelum Anda tidur.

Nah, itu dia tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan mata Anda agar Anda tidak memiliki masalah dengan kesehatan mata Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This