Cara Menjaga Kesehatan Balita Supaya Terhindar Dari Penyakit Mata

Penyakit mata merupakan salah satu penyakit yang mudah menular (konjungtivitis). Penyakit ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun balita. Penyakit mata tidak akan membahayakan balita karena bukan merupakan penyakit yang serius. Akan tetapi penyakit mata bisa membuat balita menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya. Balita yang tertular sakit mata akan menunjukan gejala seperti mata yang memerah dan berair. Selain itu, ketika bayi bangun tidur akan kesusahan dalam membuka mata. Bayi yang sakit mata akan menangis terus menerus karena perih dan rasa gatal pada mata. Penyebab dari sakit mata pada balita adalah adanya infeksi dari virus dan bakteri yang mudah menular.

Cara Menjaga Kesehatan Balita Supaya Terhindar Dari Penyakit Mata (2)

Tips Untuk Mencegah Penularan Penyakit Mata Pada Balita

Hindari orang yang menderita sakit mata

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit mata pada balita adalah menghindari kontak langsung dengan orang yang menderita penyakit mata. Apabila anggota keluarga anda menderita sakit mata sebaiknya jangan mendekati bayi karena bayi akan sangat mudah tertular.

Menjaga kebersihan

Untuk mencegah penularan penyakit mata pada bayi, sebaiknya anda menjaga kebersihan balita ketika berada di tempat umum. Hindari menggunakan fasilitas umum yang bisa memicu penyakit tersebut seperti mengajak balita berenang di tempat wisata. Hal ini karena tempat umum sangat rentan terjadinya penularan virus dan bakteri.

Menjauhkan balita dari barang-barang milik penderita

Virus dan bakteri yang mengakibatkan sakit mata sangat mudah menyebar melalui berbagai cara termasuk melalui barang-barang milik penderita penyakit tersebut. Maka dari itu, hindari menggunakan barang-barang milik penderita terutama untuk bayi seperti handuk dan sapu tangan. Virus mudah melekat pada barang-barang tersebut dan akan menular apabila kontak langsung dengan balita.

Menjauhkan bayi dari cairan mata penderita

Virus yang mengakibatkan penyakit mata akan sangat mudah menyebar melalui air mata yang keluar dari penderita. Maka dari itu sebaiknya ketika anda sakit mata jangan menyentuh bayi dan mendekati bayi karena dikhawatirkan tangan bekas menyentuh air mata akan menularkan virus pada balita.

Menjauhkan bayi dari debu

Selain melalui kontak langsung dengan penderita, virus penyebab sakit mata bisa menular melalui debu yang terbawa angin. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda melindungi mata balita ketika mengajak jalan-jalan keluar rumah dan jangan membawa balita jalan-jalan di area jalan raya karena hal tersebut sangat rawan debu dari polusi kendaraan.

Kebiasaan hidup sehat merupakan salah satu faktor yang akan menghindarkan balita anda dari infeksi virus penyebab sakit mata dan gangguan kesehatan lainnya. Kebiasaan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh bayi, akan meminimalisir terjadinya infeksi penyakit pada bayi yang diakibatkan oleh virus dan bakteri.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517