Cara menjaga Kehamilan Kembar Dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Menjalani kehamilan kembar memang bukan perkara yang mudah. Kehamilan kembar membutuhkan perlakuan yang sedikit berbeda dengan kehamilan pada umumnya. Salah satunya yaitu terkait dengan kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi selama hamil. Ibu hamil harus memberikan asupan nutrisi dua kali lebih banyak untuk janin kembar di dalam kandungan. Pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai cara menjaga kehamilan kembar memang sangat diperlukan.

Ada beberapa jenis nutrisi yang penting untuk ibu hamil kembar yaitu zat besi, kalsium dan asam folat. Disamping itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan cairan untuk menghidrasi tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Konsumsi air putih minimal 2 liter per harinya.

Daftar Makanan Sehat Untuk Kehamilan Kembar

  • Kacang-kacangan

Ibu hamil kembar disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari jenis kacang-kacangan. Konsumsilah jenis kacang yang mengandung lemak baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda dan janin. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada kacang-kacangan sangat berguna dalam mengoptimalkan perkembangan janin.

  • Susu

Susu rendah lemak sangat dianjurkan bagi ibu hamil kembar. Susu tergolong salah satu jenis sumber nutrisi yang terbilang cukup lengkap yaitu vitamin A, protein, vitamin D, kalium, vitamin B12, riboflavin dan niasain. Nutrisi tersebut sangat efektif bagi ibu hamil kembar dalam memberikan nutrisi untuk janin di dalam kandungan. Pilihlah susu yang melalui proses pengolahan dengan cara pasteurisasi.

  • Keju

Keju tergolong salah satu jenis sumber protein dan kalsium yang sempurna untuk kehamilan kembar. Kandungan nutrisi dalam 1 ons keju yaitu 7 gram protein, 113 kalori, vitamin A, zat besi dan kalsium.

  • Telur

Dalam satu cangkir porsi telur mengandung 347 kalori dan 31 gram protein. Nah, kandungan nutrisi tersebut terbilang sangat efektif untuk menutrisi janin kembar. Konsumsilah telur yang benar-benar diolah dengan cara yang benar dan hindari telur setengah matang karena beresiko mengandung bakteri.

  • Pepaya

Buah pepaya matang bisa menjadi salah satu sumber makanan sehat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi untuk kehamilan kembar. Kandungan enzim proteolitik sangat berguna untuk membantu proses pencernaan protein.

  • Bayam

Sayuran yang satu ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya terbilang sangat lengkap yaitu kalsium, vitamin A, vitamin C dan tentunya zat besi. Dalam hal ini zat besi berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Disamping itu, sirkulasi darah yang lancar memungkinkan pasokan nutrisi dan oksigen untuk janin tidak akan mengalami gangguan sehingga mendukung tumbuh kembang janin yang lebih baik.

Demikian jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dalam menjalani kehamilan kembar. Pemilihan makanan yang tepat akan memberikan pengaruh yang luar biasa untuk perkembangan bayi kembar Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This