Cara Menjaga Kebersihan Telinga dan Hidung Bayi

Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih sangat lemah dan rentan terserang oleh penyakit. Kebersihan dan kesehatan bayi yang baru lahir harus benar-benar dijaga supaya bayi tidak mudah sakit. Merawat kebersihan bayi harus dilakukan dengan rutin dan terjadwal. Salah satu organ penting yang harus mendapat perawatan rutin yaitu hidung bayi. Selain itu, telinga juga merupakan organ tubuh bayi yang harus selalu dibersihkan agar tidak terjadi masalah pada pendengaran bayi. Perawatan yang baik dan benar akan menunjang pertumbuhan bayi sehingga akan berjalan lancar dan tidak ada gangguan.

Cara Menjaga Kebersihan Telinga dan Hidung Bayi

Merawat Kebersihan Hidung Bayi

Kebersihan hidung bayi harus dirawat dengan baik supaya bayi tidak mengalami kesusahan ketika bernapas. Membersihkan hidung bayi dapat dilakukan dengan menggunakan cotton buds yang dibasahi oleh air hangat. Hal yang harus Anda lakukan yaitu memasukan cotton buds tersebut ke bagian luar dari lubang hidung bayi kemudian bersihkan hidung bayi dengan gerakan memutar yang dimulai dari arah kiri ke kanan dengan pelan dan perlahan.

Ketika membersihkan kotoran pada hidung bayi, usahakan jangan menggunakan kain yang kasar atau menggunakan jari Anda karena itu akan melukai bagian hidung bayi. Selain itu, jangan membersihkan atau menyentuh cuping bayi karena area itu masih sangat sensitif. Apabila Anda membersihkan hidung bayi dengan menggunakan alat penghisap, sebaiknya jangan menghisap langsung kedua lubang hidung bayi karena hal ini akan membuat lendir dihidung naik ke bagian telinga tengah sehingga hal ini akan menyebabkan infeksi dan membahayakan bayi. Membersihkan lubang hidung dengan cara menghisap bisa Anda lakukan dengan cara menghisap bergantian.

Merawat Kebersihan Telinga Bayi

Membersihkan telinga bayi harus dilakukan dengan hati-hati karena telinga merupakan bagian yang sangat sensitif pada bayi. Membersihkan telinga bayi harus dilakukan secara rutin supaya kotoran telinga tidak menumpuk dan mengganggu pendengaran. Ketika membersihkan telinga bayi sebaiknya Anda jangan menggunakan obat apapun tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Membersihkan telinga bayi sebaiknya Anda lakukan secara rutin setelah memandikan bayi. Pertama-tama bersihkan lekukan pada bagian telinga luar dengan menggunakan kain yang lembut atau menggunakan kapas yang dibasahi supaya kotoran lebih gampang terangkat. Hal yang harus Anda hindari dalam membersihkan telinga bayi yaitu jangan memaksa untuk mengeluarkan kotoran yang berada dibagian dalam lubang telinga karena kotoran didalam lubang telinga akan keluar dengan sendirinya. Apabila dipaksa untuk dibersihkan maka dikhawatirkan akan melukai dan terjadi infeksi.

Permasalahan infeksi telinga ataupun gendang telinga biasanya terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada bagian dalam saluran telinga. Cara membersihkan kotoran telinga yang salah akan mendorong kotoran masuk ke dalam lubang telinga bagian dalam sehingga hal ini akan sangat membahayakan kesehatan telinga bayi.

Related Posts

Share This