Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi dan gusi sangat penting untuk dijaga dan dirawat sejak masih anak-anak. Kerusakan gigi pada anak-anak seringkali terjadi akibat sering mengkonsumsi makanan yang manis dan jarang sikat gigi. Apabila kerusakan tersebut terus dibiarkan maka akan berpengaruh pada bentuk dan tatanan gigi anak ketika beranjak dewasa. Selain itu, kerusakan gigi juga akan berdampak buruk pada gusi yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada gusi. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk mengajarkan kebiasaan baik sejak dini kepada anak-anak terutama dalam masalah kebersihan dan kesehatan gigi.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Anak-anak biasanya sangat menyukai makanan dan minuman yang mempunyai rasa manis seperti cokelat, permen ataupun eskrim. Makanan tersebut merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi sebaiknya Anda membatasi anak dalam mengkonsumsi makanan yang berpotensi merusak gigi.

Mengajarkan anak kebiasaan menggosok gigi. Cara lain untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan menerapkan kebiasaan baik seperti menggosok gigi dua kali sehari serta ajarkan anak untuk menyikat gigi dengan baik dan benar. Menerapkan kebiasaan menggosok gigi secara rutin pada anak akan menghindarkan anak dari masalah kerusakan gigi.

Membuat jadwal makan untuk anak. Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anak, Anda bisa menerapkan jadwal makan yang teratur pada anak terutama pada anak balita. Berikan waktu makan yaitu tiga kali makanan berat dan dua kali cemilan. Hal ini bertujuan supaya gigi anak tetap bersih dan tidak banyak sisa makanan yang tertinggal. Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat yaitu jangan sampai anak Anda merasa kelaparan. Selain itu, hindari memberikan cemilan yang tidak sehat pada anak. Perhatikan kadar gula yang terkandung dalam setiap cemilan yang Anda berikan untuk anak-anak. Anda bisa memberikan cemilan yang tidak akan terlalu membahayakan gigi anak seperti keripik atau berupa buah-buahan.

Mengajarkan minum dengan gelas bukan dengan botol. Ketika anak berusia 2 tahun dan pemberian ASI sudah dihentikan, sebaiknya Anda melanjutkan dengan mengajarkan anak minum menggunakan gelas bukan dengan menggunakan botol susu. Memberikan susu melalui botol akan berpotensi membuat gigi anak akan mudah rusak. Hal ini disebabkan karena minuman yang diminum melalui botol tidak akan langsung masuk ke kerongkongan, akan tetapi akan lebih lama tertahan dalam mulut dan menggenangi gigi sehingga akan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Selain itu, hindari memberikan makanan manis sebelum anak tidur karena hal tersebut akan membuat produksi asam di dalam mulut meningkat. Apabila memberikan makanan sebelum tidur, sebaiknya ajak anak untuk sikat gigi terlebih dahulu. Mengajarkan kebiasaan baik sejak dini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi anak-anak.

Related Posts

Share This