Cara Meningkatkan Konsentrasi Si Kecil Dengan Musik Klasik

Cara meningkatkan konsentrasi. Hi bunda! Penting nih untuk bunda ketahui, ternyata dengan mendengarkan musik kelasik, tingkat konsentrasi si kecil bisa bertambah dengan sangat cepat. Karena ternyata, musik klasik ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi si kecil dalam segala bidang. Namun bukan hanya anak kecil, ternyata musik klasik ini juga bisa digunakan bagi orang dewasa. Maka dari itu, untuk meningkatkan konsentrasi si kecil tanpa harus ribet melakukan beberapa cara, Anda hanya perlu memutarkan jenis musik klasik ini untuk di dengarkan buah hati Anda.

Dalam sebuah study yang memang telah dilakukan oleh seorang ahli bernama Susan Hallam, sekaligus seorang professor pendidikan juga psikologi musik yang berasal dari Universitas London, menyebutkan, bahwa telah terungkap fakta kalau ternyata anak-anak yang lebih sering mendengarkan musik klasik jika di bandingkan mereka yang sering mendengarkan jenis musik lainnya, ternyata mengalami peningkatan konsentrasi serta kemampuan mendengar yang sangat baik.

Dalam proses penelitian ini, ada sebanyak 4.500 anak-anak yang masih berusia 7-10 tahun diminta untuk mendengarkan musik klasik, diantaranya seperti Beethoven dan juga Mozart kurang lebih selama 6 minggu. Pada awalnya, anak-anak tersebut hanya diminta untuk mendengarkan instrumennya saja, namun lama kelamaan mereka juga diminta untuk mendengarkan musik klasik yang semakin kompleks.

Bahkan ada juga beberapa study lainnya yang juga menyebutkan, bahwa musik klasik ini sangat bermanfaat untuk kemampuan otak seseorang yang mendengarkannya. Di samping itu, para ahli juga mengatakan, musik klasik yang terdengar sangat rumit di telinga ini pada kenyataannya sangat mudah untuk diuraikan oleh otak serta sangat cepat untuk di simpan di dalam memori.

Sebenarnya, mendengarkan musik, apapun jenis dari musik itu, asalkan kita menyukainya maka musik yang kita dengarkan sangat bermanfaat besar, terutama dalam mengurangi rasa stress juga mengatasi rasa cemas.
Bukan hanya mendengarkan musik, namun belajar dalam memainkan sejumlah komposisi musik yang klasik juga sama memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terutama dalam proses perkembangan otak si kecil yang memang masih berada dalam masa perkembangan.

Selain itu, dalam sebuah study yang memang telah dimuat dalam sebuah Journal of Neuroscience mengungkapkan, bahwa anak-anak kecil atau balita yang memiliki keinginan untuk belajar memainkan beberapa alat musik yang klasik, maka kemungkinan besar mereka akan memiliki kemampuan visual sensorimotor yang jauh lebih baik. Bahkan, manfaat yang dirasakannya tersebut akan terus berkembang dan akan terus di rasakan sampai mereka tumbuh menjadi orang dewasa, walaupun pelajaran musiknya tidak mereka lanjutkan, namun manfaatnya masih akan tetap di rasakan dengan sangat baik.

Nah, itu dia tadi manfaat musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi si kecil. Maka dari itu, jika Anda ingin mencari cara untuk meningkatkan konsentrasi si kecil, Anda bisa melakukannya dengan memperdengarkan musik klasik.

Related Posts

Share This