Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya berfungsi dengan sempurna. Si kecil yang baru lahir masih sangat rentan terkena serangan infeksi penyakit. Dalam hal ini diperlukan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya si kecil tidak mudah terserang penyakit yang bisa menghambat tumbuh kembangnya.

Sistem kekebalan tubuh merupakan bentuk pertahanan untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit berbahaya. Jika sistem pertahan tersebut lemah maka kemungkinan bayi lebih mudah sakit sehingga kondisi tersebut akan berdampak buruk terhadap perkembangannya.

Meningkatkan daya tahan tubuh anak sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orangtua sebagai upaya untuk menunjang pertumbuhan bayi. Salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi adalah dengan menjaga kebersihan dan memberikan asupan makanan bergizi.

  1. Pemberian ASI secara ekslusif

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi myang berusia dibawah 6 bulan. ASI mengandung zat dan senyawa yang berguna untuk menunjang perkembangan mikroflora usus. Bakteri baik tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan memelihara kesehatan pencernaan.

Pemberian ASI secara ekslusif akan menghindarkan si kecil dari berbagai penyakit berbahaya seperti infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia dan penyakit lainnya. Disamping itu, ASI juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan mencegah penyakit diabetes dini.

  1. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk bayi

Waktu istirahat sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi. Perlu Anda ketahui bahwa proses pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih banyak terjadi saat sedang tidur. Kekebalan tubuh bayi akan meningkat jika mendapatkan waktu istirahat yang mencukupi. Idealnya bayi mendapatkan waktu tidur 16 – 18 jam per harinya.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Selain ASI, Anda juga harus melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan memberikan makanan pendamping ASI. Hal ini bisa Anda lakukan ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan. Tujuan pemberian MPASI yaitu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil yang tidak lagi sepenuhnya bisa tercukupi melalui ASI. Asupan nutrisi yang seimbang maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhb sehingga si kecil tidak akan mudah sakit.

  1. Pola hidup sehat

Mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bersentuhan dengan si kecil. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya infeksi bakteri. Selain itu, biasakan untuk menjaga kebersihan badan si kecil. segera ganti popoknya jika dirasa sudah kotor. Jangan membiarkan popok terpasang dalam keadaan basah atau kotor.

  1. Hindarkan dari polusi

Untuk menjaga kesehatan si kecil dan meningkatkan sistem imun tubuhnya maka hindarkan si kecil dari paparan polusi seperti asap rokok ataupun asap kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa paparan asap rokok bisa merusak sel-sel baru di dalam tubuh bayi sehingga menghambat tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517