Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dengan Makanan Bernutrisi

Kesehatan otak adalah salah satu hal yang penting untuk dijaga dan diperhatikan. Hal ini karena otak merupakan salah satu bagian didalam tubuh yang tepatnya terletak di kepala memiliki fungsi untuk mengatur kinerja organ tubuh lainnya. Dengan kata lain bahwa otak bisa dikatakan sebagai pusat kendali. Itulah mengapa pentingnya menjaga kesehatan otak. Lalu bagaimana cara meningkatkan daya ingat otak?

Melatih dan meningkatkan kemampuan daya ingat otak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun disamping itu juga, ternyata ada cara yang paling mudah untuk meningkatkan daya ingat otak dan mendukung kemampuan otak untuk lebih baik lagi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. Bahkan dengan asupan makanan yang bernutrisi tinggi bisa menjaga kesehatan otak sehingga terhindar dari masalah atau gangguan kesehatan otak. Jenis-jenis makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan otak bukan jenis makanan yang sulit untuk diperoleh. Pada kenyataannya jenis makanan tersebut sering kita jumpai sehari-hari hanya saja tidak menyadari akan manfaatnya.

Pentingnya memperhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan otak memang menjadi salah satu hal sebaiknya tidak diabaikan supaya kemampuan otak semakin baik sehingga bisa mendukung kinerja seseorang dalam kehidupannya untuk lebih produktif lagi. Lalu apa saja jenis makanan sehat untuk otak? Berikut Penjelasannya!

Berikut Ini Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi
  1. Cokelat Hitam

Salah satu cara meningkatkan daya ingat otak yaitu dengan konsumsi cokelat hitam. Daripada banyak konsumsi kopi sebaiknya Anda mengkonsumsi cokelat hitam yang sangat baik untuk kesehatan otak. Cokelat hitam bisa membantu meningkatkan serotonin dan juga endorphin yang akan membantu meningkatkan konsentrasi menjadi lebih baik. Kebiasaan mengkonsumsi cokelat hitam bisa menjadikan daya ingat otak menjadi lebih baik.

  1. Oatmeal

Sarapan dengan oatmeal tentunya bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesehatan otak. Orang yang sarapan oatmeal setiap pagi akan memiliki daya ingat dan tingkat konsentrasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

  1. Blueberry

Jenis makanana selanjutnya yang bisa meningkatkan daya ingat otak yaitu konsumsi buah blueberry. Kelompok buah berry ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat berlimpah termasuk didalamnya memiliki kandungan antioksidan yang terkenal bisa menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan otak. Dengan konsumsi buah ini secara rutin maka bisa membantu meningkatkan kemampuan memori dan juga mencegah atau memperlambat penyakit pikun.

  1. Ikan Salmon

Salmon tergolong salah satu jenis ikan yang tinggi akan kandungan nutria. Ikan jenis ini mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak dan kemampuan memori yang lebih baik tentunya. Konsumsi ikan salmon secara rutin dan teratur setiap harinya.

  1. Bit

Kandungan nitrat pada akar bit memiliki manfaat untuk memperlebar pembuluh darah yang menyempit sehingga sirkulasi darah menuju ke otak menjadi lancar. Dengan begitu maka otak bisa bekerja menjadi lebih baik dan kemampuan daya ingat meningkat pula.

  1. Teh Hijau

Selanjutnya yaitu rutin minum teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya ingat otak menjadi lebih baik. Selain itu kandungan amino tehanine yang berguna untuk menjaga kemampuan memori menjadi lebih baik.

  1. Telur

Kandungan DHA dan asam lemak omega-3 pada telur sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Kandungan kolin pada telur juga bisa membantu menjaga kesehatan selaput otak menjadi lebih baik sehingga kemampuan memori dan daya ingat otak menjadi lebih baik.

  1. Pisang

Kandungan potassium dan jenis mineral yang melimpah pada buah pisang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kinerja sistem saraf otak. Dengan begitu maka hal ini akan mempengaruhi kinerja otak menjadi lebih baik lagi.

Demikian cara meningkatkan daya ingat otak dengan konsumsi makanan yang sehat dan tentunya bernutrisi. Jangan menyepelekan kesehatan makanan yang Anda konsumsi karena semua jenis makanan yang dikonsumsi akan bisa mempengaruhi kesehatan semua organ tubuh termasuk kesehatan otak.

Related Posts

Share This