Cara Menidurkan Bayi Yang Efektif Supaya Tidak Rewel

Pada malam hari seringkali si kecil menjadi rewel dan tidak bisa tidur nyenyak. Kondisi seperti ini pastinya pernah dialami oleh setiap orangtua dalam proses merawat bayi. Banyak sekali faktor penyebab bayi rewel dan susah tidur nyenyak. Hal ini tentunya harus diketahui supaya Anda lebih mudah untuk menanganinya.

Adapun faktor penyebab bayi susah tidur nyenyak pada malam hari bisa disebabkan oleh kondisi popok yang basah, bayi lapar ataupun gangguan kesehatan. Biasanya bayi menangis dan terlihat gelisah. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya Anda memberikan perlakuan yang bisa menenangkan bayi.

Ketahui faktor penyebabnya terlebih dahulu dan segera berikan penanganan yang tepat. Jika bayi terlihat lapar maka segeralah berikan susu dan makanan lain yang bisa membuatnya kenyang. Periksa juga popoknya dan segera ganti apabila sudah kotor. Disamping itu Anda juga bisa menggendongnya sehingga membuat si kecil merasa lebih tenang.

Berikut Cara Menidurkan Bayi Yang Efektif

Periksa Kondisi Bayi

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan kondisi bayi dalam keadaan nyaman. Mulai dari popok, kebutuhan makanan dan kondisi ruangan tempat tidur bayi. Jika semuanya baik-baik saja maka dipastikan si kecil akan merasa nyaman dan akan tertidur lebih cepat.

Usahakan supaya ruangan tempat tidur bayi bebas dari gangguan dan tidak berisik. Selain itu, pastikan juga kasur bayi dalam keadaan bersih. Berikan perlindungan dari gigitan nyamuk supaya tidur si kecil tidak terganggu.

Pemahaman Akan Waktu Pada Bayi

Selanjutnya Anda harus bisa memahami dan mengetahui siklus tidur pada bayi. Dalam hal ini tugas Anda sebagai orangtua adalah memberikan pengajaran dan membiasakan supaya si kecil bisa membedakan antara waktu siang dan malam.

Baca Juga:  Prinsip Memilih Menu Diet Ibu Menyusui

Caranya sangat mudah yaitu dengan memberikan atau menjadwalkan waktu makan sebanyak 3 kali dalam sehari, kemudian letakkan si kecil ditempat yang terang. Nah, pada malam hari sebaiknya redupkan lampu sehingga ada perbedaan antara siang dan malam. Dengan begitu maka waktu tidur si kecil akan lebih terkontrol dengan baik.

Kendalikan Tangisan Bayi

Poin yang ini mungkin akan menjadi tantangan bagi setiap orangtua untuk menidurkan bayi. Ketika si kecil merengek dan menangis maka Anda mharus mempunyai cara jitu untuk mengendalikan tangisan tersebut.

Ketika si kecil merengek maka gendong dan tepuk-tepuk bagian bokongnya hingga mengantuk, setelah terlihat mulai memejamkan mata sebaiknya segera letakkan ditempat tidur sambil terus menepuk-nepuknya secara lembut.

Ciuman Tidur Tanda Kasih Sayang

Ciuman kasih sayang tentunya akan membuat si kecil tertidur dengan nyaman. Untuk menenangkannya, cobalah berikan kecupan lembut di keningnya. Pelukan dan ciuman sanga Bunda akan membuat si kecil merasa nyaman dan aman. Dengan begitu maka secara perlahan si kecil akan mulai tertidur dengan lelap.

Selain itu, posisikan supaya bayi tidur dengan cara yang benar. Pada dasarnya untuk membuat si kecil tidur dengan nyenyak tidaklah susah. Yang terpenting Anda bisa peka terhadap kondisi bayi dan bisa memberikan kenyamanan pada bayi sewaktu tidur.

Nah, demikian beberapa trik untuk membuat si kecil tidur nyenyak. Dalam proses merawat bayi memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Bayi merupakan makhluk mungil yang memerlukan perlakuan khusus.

Maka dari itu berikan sentuhan lembut penuh cinta dan kasih sayang. Utamakan kebutuhan bayi terpenuhi sebelum tidur. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Bunda dalam menangani si kecil yang merengek di malam hari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517