Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Cara mengurangi rasa sakit saat persalinan. Persalinan merupakan serangkaian kejadian yang memang berlangsung secara tidak langsung. Dimulai dengan terjadinya kontraksi, keluarnya darah, setelah itu di susul dengan pecahnya air ketuban serta berakhir dengan lahirnya si kecil di waktu yang tepat yang memang disertai dengan pengeluarannya plasenta juga selaput janin yang keluar dari dalam perut ibu.

Dalam proses persalinan, kontraksi merupakan salah satu pertanda awal yang memang menandakan proses persalinan akan segera tiba. Kontraksi ini umumnya terjadi dari puncak rahim yang setelah itu mengarah ke jalan lahir. Kondisi ini akan semakin lama serta semakin kuat, bahkan jaraknya akan semakin pendek antara satu kontraksi dengan kontraksi yang lainnya. Yang mana kondisi ini akan disertai dengan rasa sakit saat melahirkan.

Untuk ibu hamil yang akan menjalankan proses persalinan, ada beberapa diantaranya yang mamu menaha rasa sakit saat melahirkan sampai proses pembukaan jalan lahir cukup lebar. Namun ada juga beberapa diantaranya yang memang tidak tahan dengan rasa sakit yang muncul, sampai mebukaan jalan lahir sulit untuk di temukan.

Nah, di bawah ini ada beberapa langkah dalam mengurangi rasa sakit saat melahirkan yang bisa Anda peraktekkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda bisa mengompres bagian punggung bawah ibu hamil dengan menggunakan air hangat ketika kontraksi berlangsung. Tujuannya untuk memperbesar serta memperlancar peredaran darah, sehingga perasaan nyeri bisa berkurang.
  2. Cobalah Anda untuk mengalihkan perhatian agar Anda tidak terfokus pada rasa nyeri yang Anda rasakan, misalkan dengan bernyanyi atau bahkan berbicara ketika rasa nyeri itu muncul.
  3. Buang airlah sesering mungkin, namun tetap harus diimbangi dengan asupan cair yang cukup banyak ke dalam tubuh. Karena berkemih juga bisa membantu menurunkan bagian kepala bayi ke dasar panggul dengan baik serta mampu menjaga ritme kontraksi persalinan.
  4. Anda bisa meminta suami atau bahkan keluarga Anda untuk memijat bagian bawah punggung. Anda bisa menggunakan minyak aroma terapi yang memiliki aroma lembut serta menenangkan guna memijat bagian pungguh bawah sebagai pelican. Jika tidak ada minyak aromaterapi, Anda juga bisa menggunakan body lotion.
  5. Anda harus mempertahankan agar kondisi pungguh tetap dalam keadaan tegak, baik ketika berdiri, duduk atau bahkan posisi lainnya. Hal ini juga bertujuan agar posisi kepala si kecil tetap berada di bagian leher rahim dengan keadaan yang baik sehingga kontraksi yang terjadi semakin kuat serta efektif.
  6. Anda bisa melakukan pengaturan nafas dengan sangat baik. Karena umumnya menjelang proses persalinan, ibu akan merasa begitu panic serta sulit untuk mengatur nafas dengan baik. Namun apakah Anda tahu, kalau mengatur nafas dengan baik dapat mengurangi rasa sakit yang ibu rasakan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk meredam perasaan panic serta aturlah pernafasan ibu ketika hendak menjelang persalinan.

Related Posts

Share This