Cara Mengobati Cacar Air Pada Ibu Hamil

Cara mengobati cacar air. Penyakit cacar air yang memang di sebabkan oleh munculnya virus varisela-zoster ini, umumnya hanya akan sekali terjadi seumur hidup. Dan untuk penularan penyakit ini sangatlah mudah, yakni bisa melalui udara yang mengandung virus serta terhirup, atau bahkan bisa juga di sebabkan oleh terjadinya kontak secara langsung dengan si penderita.

Cacar air merupakan penyakit yang tidak pandang bulu, itu artinya penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik balita, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan pada ibu hamil. Jika ibu hamil terserang cacar, dan tidak segera di atasi, maka bisa mengancam kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan, sehingga bisa mengganggu kehamilan Anda juga janin.

Namun di samping itu, ada kabar baik bagi Anda ibu hamil yang terserang cacar, yaitu sebagian besar ibu hamil yang terserang atai terinveksi virus varisela, justr bisa melahirkan bayinya dengan cara yang normal juga dalam keadaan yang sehat. Hal ini di duga, virus tersebut tidak mencapai janin, karena adanya daya tahan yang sangat baik, atau bahkan karena pengobatan yang segera di lakukan.

Infeksi cacar air ini umumnya ditandai dengan keadaan pasien yang mengalami demam, perasaan yang tidak enak pada badan, serta merasakan sakit kepala. Setelah itu, akan muncul gelembung-gelembung yang berukuran kecil d bagian kulit, yang semula warnanya agak jernih namun setelah itu berubah menjadi lebih keruh, pecah dan kering membentuk krusta.

Umumnya, gelembung-gelembung ini akan bermunculan di bagian tubuh, namun lambat laun akan menyebar ke seluruh bagian hingga wajah. Nah bagi ibu hamil, gejala varisela ini umumnya akan lebih berat di rasakan, termasuk kemungkinan terjadinya komplikasinya.

Jika tidak terjadi komplikasi yang berat, maka Anda bisa melakukan rawat jalan. Namun jika Anda mengalami komplikasi yang serius, misalkan terjadinya radang paru, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kelahiran prematur dan beberapa hal lainnya, dan Anda harus melakukan perawatan di rumah sakit.

Dan biasanya, dokter akan memberikan antivirus, yang di gunakan ketika itu adalah asiklovir. Walaupun keamanannya masih belum di pastikan untuk ibu hamil, namun sampai saat ini pemberian asiklovir pada ibu hamil yang menderita cacar air dapat mencegah penyakit ini menjadi lebih parah, serta mencegah penularan terhadap janin yang masih ada di dalam kandungan.

Sedangkan untuk terapi simptomatiknya, umumnya dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan keadaan si pasien. Misalkan pemberian obat penurun panas, bedak yang bisa mengurangi rasa gatal, serta pemberian obat batuk. Dan pastinya obat yang dipilih merupakan obat yang aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan.

Dan langkah terbaik guna menghindari penyakit ini yaitu di lakukannya pencegahan agar penyakit ini tidak menular pada Anda. Oleh karena itu, jika memang Anda belum pernah terkena infeksi varisela/campak, maka Anda dianjurkan untuk melakukan imunisasi terlebih dahulu sebelum Anda hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517