Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

Cara menghitung berat badan ideal. Berat badan adalah salah satu hal yang sangat sensitivf, terutama bagi Anda kaum wanita. Banyak diantaranya orang-orang yang sampai saat ini merasa bingung, mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal yang akurat. Mungkin untuk mengecek berat badan ideal Anda, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan metode BMI atau indeks massa tubuh guna mengetahui berat badan ideal Anda.

Metode yang diterapkan oleh BMI ini pada dasarnya menggunakan berat badan dalam ukuran kg, yang kemudian dibagi dengan tinggi badan kuadrat Anda dalam satuan meter. Dengan begitu, Anda bisa segera mengetahui Anda masuk dalam kategori aoa, kurus, normal, gemuk atau bahkan obesita.

Metode BMI (Body Mess Index) atau metode IMT (Index Massa Tubuh) adalah cara atau metode yang sangat mudah untuk di lakukan guna menghitung berat badan ideal Anda. Dan di bawah ini ada rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung atau mengetahui berad badan ideal Anda, dengan menggunakan metode BMI, yaitu sebagai berikut:

Berat Badan Ideal = Berat Badan (dalam Kg) : (Tinggi badan (dalam meter) x Tinggi badan(dalam meter))

Contoh : 60kg : (1.65m x 1.65m) = 22.05

Dan hasilnya bisa Anda cocokkan sendiri dengan beberapa kriteria di bawah ini”

Standar BMI Untuk Wanita

  • <18 = Anda kekurangan berat badan/kurus
  • 18 – 25 = Berat badan normal atau ideal
  • 25 – 27 = Anda kelebihan berat badan
  • > 27 = Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

Standar BMI Untuk Pria

  • <17 = Anda kekurangan berat badan/kurus
  • 17 – 23 = Berat badan normal atau ideal
  • 23 – 27 = Anda kelebihan berat badan
  • > 27 = Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

Namun sayangnya, metode BMI ini masih belum bisa di gunakan untuk mengukur kadar lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Karena pada kenyataannya, ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa seseorang mengalami kenaikan berat badan setelah mereka berolahraga atau bahkan fitness, namun ada juga beberapa diantaranya orang yang justri mengalami penurunan berat badan setelah mereka berolahraga atau fitness. Dan hal ini dikarenakan kenaikan atau penurunan berat badan juga bisa dipengaruhi oleh kadar lemak yang ada di dalam tubuh serta otot.

Dan seseorang yang massa ototnya bertambah setelah mereka melakukan fitness atau olahraga, maka berat badan mereka juga akan ikut bertambah. Sama halnya dengan seseorang yang kelebihan atau bahkan kekurangan kadar lemak dalam tubuh, dan hal tersebut juga bisa mempengaruhi berat badan orang tersebut. Namun bedanya yaitu, timbunan lemak dalam tubuh merupakan hal yang tidak sehat, dan lemak sendiri tidak akan pernah bisa untuk membentuk tubuh kita.

Related Posts

Share This