Cara Menghilangkan Putih Di Lidah Bayi

Pastinya bunda pernah melihat adanya warna atau bercak putih di bagian lidah si kecil. Mungkin awalnya keadaan ini di sebut dengan oral thrush, dan bercak putih ini hanya terdapat di bagian lidah saja. Namun jika dibiarikan semakin lama tanpa adanya penanganan, bercak putih ini bisa menjalan ke bagian selaput lendir di bagian pipi si kecil. Lantas jika seperti itu, bagaimana cara menghilangkan putih di lidah bayi?

Adanya bercak putih pada bagian lidah bayi disebabkan oleh endapan dari susu formula atau bahkan adanya infeksi jamur pada bagian lidah si kecil. Nah, walaupun secara alami infeksi jamur ini bisa sebuh dengan sendirinya tanpa harus di tangani dengan serius, namun bunda perlu untuk melakukan beberapa hal untuk membersihkan lidah bayi agar tidak terjadi beberapa hal yang tidak di inginkan.

Untuk bunda, jika terjadi hal seperti itu pada si kecil yang kemungkinan karena adanya infeksi jamur pada payudara bunda, maka bunda bisa mengobatinya dengan menggunakan salep anti jamur yang penggunaannya langsung di oleskan pada permukaan kulit yang memang terkena infeksi.

Untuk bayi sendiri, bunda bisa menggunakan cara membersihkan lidah bayi yang putih dengan beberapa cara di bawah ini:

  1. Ketika si kecil selesai menyusu, maka bunda bisa membersihkan bagian mulut si kecil dengan menggunakan sedikit air matang. Bunda bisa menggunakan kasa yang steril yang memang telah bunda basahi dengan menggunakan air matang, dan untuk membersihkan bagian mulut si kecil, bunda bisa membersihkannya dengan cara mengusapnya secara perlahan.
  2. Nah, jika si kecil sering menggunakan empeng, maka bunda harus mencuci serta merendam empeng dengan menggunakan air panas selama beberapa menit saja sebelum empeng tersebut di berikan kepada si kecil.
  3. Beda lagi untuk bayi yang diberikan susu formula, cara perawatannya pun berbeda, yaitu sebagai berikut:
    a. Jika berat tubuh bayi sudah idela, maka bunda harus menghentikan pemberian susu formula di malam hari, dan bunda bisa menggantinya dengan air mineral.
  4. Namun jika berat tubuh si kecil belum ideal, maka bunda masih tetap bisa memberikan susu formula untuk si kecil di malam hari. Namun setelah si kecil selesai menyusu, maka segeralah bilas bagian mulut si kecil dengan menggunakan air putih yang matang.

Jika bercak putih yang ada di bagian lidah bayi tidak segera hilang, maka sebaiknya bunda bawa si kecil untuk berkonsultasi ke dokter. Maka dokter akan memberikan obat anti jamur kepada si kecil yang memang bisa langsung di oleskan di bagian mulut bayi yang telah terinfeksi oleh jamur.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan kepada si kecil agar bercak putih di bagian lidah tidak terjadi pada si kecil. Dan pastinya, bunda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta, bukan?

Related Posts

Share This