Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi

Halo bunda! Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan dahak pada bayi. Ketika si kecil mengalami batuk berdahak, maka biasanya saluran pernapasan si kecil akan sangat terganggu, bukan hanya suaranya yang mengganggu, namun hal tersebut juga bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Untuk orang dewasa, mungkin mengeluarkan dahak merupakan satu hal yang mudah, namun beda lagi dengan bayi, karena menghilangkan dahak pada bayi justru merupakan salah satu hal yang sangat sulit, mengingat usianya yang masih sangat kecil yang memang belum mengerti apa-apa.

Nah, maka dari itu. Kali ini kami akan memberikan bunda cara menghilangkan dahak pada bayi yang memang sering terjadi ketika adanya serangan batuk pada anak. Akan tetapi, sebelum Anda mengeluarkan dahak, maka Anda bisa membantu si kecil untuk mengencerkan dahak terlebih dahulu sehingga akan jauh lebih mudah ketika akan dikeluarkan.

  1. Anda bisa mengajak si kecil untuk berjemur setelah ia mandi pagi, yaitu sekitar pukul 06.30-07.00 selama kurang lebih 10-15 menit. Hal ini dilakukan agar si kecil mendapatkan kehangatan.
  2. Setelah itu, Anda bisa memberikan olesan minyak telon atau bahkan balsam yang khusus untuk bayi pada bagian dada si kecil, sehingga si kecil akan merasakan kehangatan, terutama menjelang malam hari.
  3. Anda bisa menyediakan baskom yang telah di isi dengan air hangat, setelah itu berikan sedikit minyak kayu putih, setelah itu letakkan di dekat si kecil agar udaranya bisa terhirup oleh si kecil. Tapi ingat! Bunda harus lebih hati-hati dalam meletakkan air tersebut.
  4. Jika si kecil sudah berusia 6 bulan, maka Anda bisa memberikannya makanan tambahan yang hangat. Misalkan dengan memberikan kaldu yang hangat.

Itulah beberapa cara dalam mencairkan dahak pada bayi. Berikut ini cara untuk menghilangkan atau mengeluarkan dahan pada bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika beberapa langkah di atas sudah Anda lakukan, guna mengencerkan dahak pada bayi maka Anda bisa tengkurapkan si kecil di pangkuan. Letakkanlah satu kaki Anda lebih tinggi, sehingga posisi si kecil ada dalam keadaan miring dan posisikan kepala si kecil untuk lebih rendah. Ketika itu, Anda bisa menepuk-nepuk bagian punggung bati dengan lembut, ketika itu dahak yang encer pada bayi akan turun setelah itu keluar dari bagian tenggorokan.
  2. Dengan ASI yang cukup di konsumsi oleh si kecil, maka bisa membantu si kecil untuk mengeluarkan dahak melalui fases atau bahkan ketika si kecil mengeluarkan air liur atau bahkan bersin atau muntah.
  3. Untuk mengeluarkan dahak pada bayi, maka Anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan dahak yang berbahan dasar karet. Hal ini bisa Anda coba jika memang Anda perlukan untuk menyedot dahak di bagian mulut juga hdiung.
  4. Ketika Anda akan mengeluarkan dahak pada bayi, maka Anda harus menghindari untuk menyedot mulut atau bahkan hidung setelah Anda menyusui atau bahkan setelah makan, karena hal ini bisa menyebabkan si kecil muntah.

Related Posts

Share This