Cara Mengetahui Masa Subur

Ketika bunda menginginkan seorang anak, maka pastinya bunda harus memahami cara mengetahui masa subur bunda. Bukan hanya itu, sebaiknya bunda juga melakukan hubungan intim ketika bunda ada dalam keadaan masa subur atau masa di mana sejumlah sel telur yang ada di dalam indung telur atau ovarium ada dalam keadaan matang di siap untuk di buahi oleh sperma.

Cara Mengetahui Masa Subur

Nah, apakah bunda tahu, cara dalam mengetahui masa subur bunda? Jika bunda belum mengetahui cara menentukan masa subur, maka berikut ini kami akan memberi tahu cara dalam mengetahui masa subur wanita, yaitu sebagai berikut:

  1. Siklus haid

Biasanya siklus haid akan berlangsung 28-30 hari atau bahkan 22-35 hari sekali. Dan ketika itu sel telur akan berovulasi, atau dalam artian lain akan keluar dari indung telurnya pada pertengahan masa haid, atau sekitar hari ke-14 sampai hari ke-16, waktu ini di hitung dari hari pertama Anda mulai haid. Jadi, setiap 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari sebelum hari ke-16 merupakan masa di mana kesuburan Anda. Dan inilah saatnya yang tepat sel-sel telur yang ada di dalam tubuh di buahi.

  1. Getah lendir leher rahim (serviks)

Masa subur wanita juga bisa diketahui dengan cara mengamati perubahan kekentalan lender yang memang keluar dari bagian vagina. Anda bisa melakukan pengamatan kecil dan rutin setiap harinya. Lendir yang akan keluar dari liang vagina ini akan keluar pada masa subur yang memang bentuknya terluhat seperti daun pakis, memiliki tekstur yang kental, tidak terputuskan jika di pegang oleh tangan, dan akan memanjang jika di tarik dan lengket menyerupai agar-agar.

  1. Suhu tubuh

Ketika sel teluar Anda mulai matang, maka rahim Anda akan bersiap-siap untuk menerima sel telur yang memang berhasil di buahi. Dan di saat hal ini terjadi, maka suhu tubuh Anda akan semakin meningkat. Guna mengetahui rentang masa subur Anda, maka Anda bisa mengamati pola kenaikan suhu tubuh Anda sendiri. Dan Anda bisa melakukan cara dengan mengukur suhu tubuh di pagi hari, setiap harinya dan pada jam yang sama selama 3 bulan. Anda bisa mengukur suhu tubuh tepat ketika Anda baru bangun tidur, dan Anda belum melakukan aktivitas apapun. Dan Anda bisa mencatat data suhu tubuh Anda sehingga akan membentuk kurva. Dan suhu tubuh yang di atas kurva normal akan menunjukkan bahwa Anda sedang ada dalam masa subur.

  1. Ultrasonografi (USG)

Penentuan masa subur dengan cara ini merupakan cara yang dilakukan secara serial, yaitu selama 3-5 hari, dilihat berdasarkan siklus haid Anda. Dari hasil pemantauan bisa di peroleh dan di ketahui kapan sel telur yang ada di dalam tubuh mulai terbentuk di dalam indung telur, dan kapan sel telur tersebut berubah menjadi matang, dan sampai kapan sel telur akan di keluarkan. Cara ini sangat cocok untuk Anda gunakan ketika siklus haid Anda tidak teratur.

Related Posts

Share This