Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Waktu Hamil

Sesak nafas pada waktu hamil merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi. Kondisi tersebut dialami oleh ibu hamil pada tahap akhir kehamilan seiring dengan perkembangan bayi yang terus membesar. Bayi di dalam kandungan akan mendorong sehingga paru-paru dan diafragma akan berubah dari keadaan normal sebelumnya. Nah, hal inilah yang akan membuat Anda bernafas menjadi lebih cepat dari biasanya. Meskipun tergolong hal yang wajar namun sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi sesak nafas sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan pada waktu hamil.

Sesak nafas pada ibu hamil bisa juga dipicu oleh penyakit anemia. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen untuk kebutuhan janin. Hal inilah yang membuat Anda sesak nafas. Bahkan jika Anda memiliki penyakit asma bawaan sebelum hamil, maka kondisinya pada waktu hamil perlu diwaspadai sebab bisa berkembang lebih parah.

Berikut Cara Mengatasi SesakĀ  Nafas Pada Waktu Hamil

  • Konsumsi Makanan Sehat

Tak henti-hentinya kampanye pentingnya makanan sehat untuk ibu hamil yang di galakan oleh pakar kesehatan dan gizi. Makanan sehat sangat berguna bagi ibu hamil dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin. Makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan menghindarkan dari obesitas selama menjalani masa kehamilan.

Jika kelebihan berat badan maka hal ini yang sangat beresiko terhadap sesak nafas. Ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam, lemak ataupun gula. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bebas lemak dan mengandung banyak serat.

  • Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Ibu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dari kelompok daging merah, sayuran hijau gelap serta buah-buahan. Vitamin C dari buah dibutuhkan untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi sehingga mencegah penyakit anemia yang beresiko terjadinya sesak nafas.

  • JanganMengkonsumsi Minuman Bersoda dan Kafein

Minuman bersoda dan mengandung kafein seperti teh, cola ataupun kopi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil sebab akan menghambat penyerapan zat besi. Perbanyaklah konsumsi minuman sehat sehingga Anda terhindar dari resiko sesak nafas.

  • Olahraga

Untuk mengatasi sesak nafas, cobalah untuk rutin mengikuti olahraga seperti latihan pernapasan dan senam yoga. Jika dilakukan secara teratur maka akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan pernafasan selama menjalani kehamilan.

  • Perhatikan Posisi Tidur

Jika Anda mengalami sesak nafas pada waktu hamil sebaiknya memperhatikan posisi tidur yang benar. Cobalah untuk bersandar pada bantal sehingga hal ini akan membantu mengurangi sesak nafas. Hindari tidur dengan posisi kepala dan badan sejajar sebab hal ini akan memperparah sesak nafas yang Anda derita.

  • Perbanyak Waktu Istirahat

Ibu hamil sebaiknya jangan sampai kelelahan karena bisa membahayakan janin dan memicu sesak nafas. Luangkan waktu lebih banyak untuk rilek sehingga dengan begitu kehamilan yang Ana jalani senantiasa menyenangkan.

Related Posts

Share This