Cara Mengatasi Sakit Kepala Dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini

Sakit kepala merupakan salah satu kondisi yang sangat mengganggu, terlebih lagi jikan muncul pada waktu beraktivitas. Sakit kepala bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi. Kategori sakit kepala bisa tergolong ringan ataupun berat. Mungkin yang sering kita jumpai yaitu sakit kepala sebleh atau migrain. Nah, bagaimana cara mengatasi sakit kepala dengan aman tanpa menimbulkan efek samping?

Sakit kepala tergolong gangguan kesehatan ringan sehingga tidak memerlukan penanganan dengan menggunakan obat kimia karena justru akan menimbulkan efek samping. Sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa jenis makanan yang memiliki khasiat untuk mengatasi sakit kepala.

  1. Biji Wijen

Salah satu bahan makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit kepala yaitu biji wijen. Mengapa harus biji wijen? Hal ini karena biji wijen mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar estrogen dan mengatasi migrain. Disamping itu, magnesium yang terdapat pada biji wijen berguna untuk membantu mencegah sakit kepala kambuh lagi.

  1. Ikan

Selanjutnya yaitu ikan yang mengadung lemak omega-3 seperti salmon, tuna ataupun makarel ternyata bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Asam lemak omega-3 akan menghambat peradangan yang timbul penyebab migrain.

  1. Buah Semangka

Sakit kepala bisa dipicu oleh dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Nah, buah semangka bisa Anda konsumsi untuk meredakan sakit kepala karena kandungan air dari buah tersebut sangat tinggi. Selain itu, buah semangka juga mengandung magnesium seperti halnya biji wijen sehingga begruna untuk mengatasi sakit kepala yang kambuh.

  1. Kentang

Hilangnya elektrolit tubuh menjadi pemicu sakit kepala yang tak tertahankan. Oleh karena itu untuk mengatasi sakit kepala sebaiknya konsumsi kentang karena mengandung kalium untuk mengganti eletrolit tubuh yang hilang.

  1. Buah Pisang

Buah pisang mengandung magnesium dan potassium yang berguna untuk mengatasi sakit kepala atau migrain akibat stres. Menurut penelitian menemukan bahwa penderita sakit kepala hanya memiliki sedikit magnesium yang terionisasi dalam darah sehingga buah pisang sangat efektif untuk mengatasinya.

  1. Biji-bijian

Katika Anda menjalani diet yang rendah karbohidrat maka rentan mengalami dehidrasi akibat rendahnya glikogen. Nah, hal inilah yang menjadikan Anda terkena sakit kepala. Maka dari itu, konsumsilah biji-bijian maupun sereal untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat tubuh ketika sakit kepala melanda.

  1. Kopi

Kopi ternyata memiliki khasiat yang mengagumkan untuk mengatasi sakit kepala. Namun tentunya Anda harus mengkonsumsinya secara bijak dan jangan berlebihan karena justru akan menimbulkan keluhan lain jika berlebihan.

Demikian beberapa jenis makanan yang ampuh untuk mengusir sakit kepala. Menjaga asupan nutrisi tubuh dnegan konsumsi makanan bergizi tentunya akan menghindarkan Anda dari berbagai keluhan seputar kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517