Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Ada beberapa orang diantaranya yang percaya bawha wanita yang telah melangsungkan proses persalinan akan kembali pulih seperti biasa setelah enam minggu. Padahal, perubahan hormonal juga fisik seorang wanita yang telah melangsungkan proses persalinan akan terus terjadi sampai beberapa bulan setelah melahirkan. Dan salah satu contoh perubahan yang terjadi yaitu terjadinya rambut rontoh pasca melahirkan yang memang akan terjadi selama tiga sampai empat bulan setelah proses persalinan berlangsung.

rambut rontok setelah melahirkan

Setelah semua usaha bahkan sejumlah kejutan yang terjadi selama proses kehamilan, proses persalinan, sampai periode awal bayi lahir, pastinya pada ibu akan sangat berharap bahwa mereka telah melewati klimaksnya. Dan sebagai akibatnya, mereka akan sangat terkejut ketika mereka menemukan tumpukan rambut yang berada di tamngan mereka ketika mereka berkeramas, rambut yang ikut terguyur ketika mereka menggunakan shower, atau bahkan rambut yang rontok ketika mereka menyisir. Dan rambut rontok setelah melahirkan akan dialami oleh sebagian besar wanita yang telah melangsungkan proses persalinan.

Penyebab rambut rontok ini dikarenakan adanya siklus pertumbuhan rambut yang normal yang akan dibedakan menjadi dua bagian atau dua fase, yaitu fase pertumbuhan juga fase istirahat. Siklus pertumbuhan rambut ini akan berlangsung selama 3 tahun, dan fase istirahat juga akan berlangsung selama 3 bulan. Durasai ini sangatlah berbeda dari satu orang dengan orang yang lainnya. Dan umumnya rambut sebanyak 85-95% masih ada dalam fase pertumbuhan. Dan selama masa atau fase istirahat, rambut ini akan berada di folikel, sampai keadaan rambut tersebut di dorong keluar oleh rambut-rambut baru yang baru tumbuh. Namun, selama masa kehamilan, hormon akan berangsur merangsang pertumbuhan rambut serta presentasenya yang baik.

Baca Juga:  Ingin Melahirkan Normal Dan Lancar? Ini Dia Tips Agar Mudah Melahirkan

Dengan adanya proses persalinan dan kelahiran bayi ke dunia ini, maka jumlah rambut yang memasuki fase istirahat jauh lebih banyak, dan rambut-rambut tersebut akan terus terdorong keluar antara 3-6 bulan setelah proses persalinan berlangsung. Banyak diantaranya kaum wanita yang memang akan mendapatkan siklus pertumbuhan rambut yang normal kembali setelah 6-12 bulan setelah proses persalinan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk membuat Anda nyaman dengan keadaan rambut Anda setelah proses persalinan juga cara menutrisi untuk kesehatan rambut Anda.

Tips untuk merasa nyaman dengan rambut anda

  1. Cobalah gaya rambut yang bagus
  2. Cobalah beberapa gaya yang berbeda
  3. Gunakan shampoo dan kondisioner yang baik kualitasnya
  4. Coba gunakan produk berbeda yang akan membuat rambut anda mengembang
  5. Hindari menggunakan sikat atau sisir rambut yang akan menarik dan menekan rambut
  6. Konsumsi protein yang cukup dan minum suplemen vitamin

Nutrisi untuk Kesehatan Rambut

  1. Biotin: daging, kacang kering, biji-bijian
  2. B6: daging, kacang-kacangan, biji-bijian
  3. Asam omega 3: salmon, biji-bijian, kacang makadamia, kenari
  4. Tembaga: biji-bijian, buah kering, almon, sayuran
  5. Zinc: biji-bijian, sayuran, daging, makanan laut

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517