Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Ibu Hamil

Ketika Anda berbadan dua, pastinya Anda akan mengalami sejumlah perubahan fisik, salah satunya yang terjadi pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang tidak menentu. Banyak diantaranya ibu hamil yang merasa kulitnya semakin hari semakin mengering, sehingga mereka kerap kali menggunakan body lotion dan mengusapkannya di bagian tubuh yang dirasakannya kering.

Karena adanya kondisi seperti ini, maka tidak sedikit wanita hamil yang mengeluhkan terjadinya kulit kering, bahkan mereka ingin mengetahui cara mengatasi kulit kering ini. Dalam menjawab keadaan ini, dr Dwirani Amelia, SpOG dari RSIA Budi kemudian memberikan jawaban yang memang diharapkan oleh ibu hamil.

“Memang, selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan hormonal yang cukup mencolok. Salah satu akibatnya adalah terjadi perubahan pada kulit, yakni kulit menjadi kering,” ungkap dr Dwirana.

Kulit kering terjadi bukan hanya adanya perubahan hormon, namun keadaan ini juga bisa terjadi karena adanya pengaruh lingkungan. Dimisalkan cuaca dingin atau bahkan udara yang mongering, serta adanya pengaruh terhadap makanan juga minuman yang di konsumsi selama kehamilan.

“Tak perlu khawatir, umumnya kondisi kulit kering tidak menetap. Setelah bayi lahir biasanya semua akan kembali seperti semula,” imbuhnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara dalam mengatasi kulit kering yang kerap terjadi pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mengatasi kulit kering yang terjadi pada ibu hamil, maka Anda bisa menggunakan lation pelembab ketika selesai mandi, atau bahkan gunakan lotion ketika keadaan kulit lembab, sehingga kelembaban kulit Anda akan tetap terjaga dalam waktu yang cukup lama. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengusapkan beberapa kali setiap harinya. Hal ini aman di lakukan ibu hamil bahkan bisa mengurangi rasa gatal.
  2. Anda juga bisa menggunakan sabun mandi dalam jumlah yang banyak yang memiliki kandungan minyak atau oil.
  3. Ketika Anda menggunakan diterjen, misalnya ketika Anda mencucui pakaian, maka sebaiknya Anda selalu menggunakan sarung tangan. Karena sebagian besar jenis diterjen mampu menggerus lapisan pelindung kulit paling luar, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.
  4. Anda bisa mencoba untuk mencari penyebab kulit kering, dan sebaiknya Anda menghindari penyebab dari keringnya kulit Anda.
  5. Anda juga bisa menyampaikan keluhan tersebut kepada dokter, terutama ketika gejala-gejala tersebut tidak menunjukkan adanya perbaikan.
  6. Jika kulit Anda menjadi kering dan bahkan terkelupas, maka salah satunya cara yang bisa Anda lakukan yaitu mengkonsultasikannya kepada dokter. Dan ketika itu biasanya dokter akan memberikan obat atau salep pengelupas kulit yang sangat ringan dan aman di gunakan ketika hamil. Tindakan seperti ini penting untuk di lakukan, karena bagian kulit yang mengelupas merupakan bagian kulit mati yang bisa menghalangi losion atau bahkan minyak yang melembabkan kulit Anda meresap ke dalam pori.
Baca Juga:  Manfaat Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517