Cara Mengatasi Ketidaksuburan

Mengatasi Masalah infertilitas (ketidaksuburan)

Infertilitas sering kali menjadi konflik internal bagi pasangan suami isteri yang sudah sekian lama menikah dan belum juga mendapatkan keturunan. Sulitnya mendapatakan momongan dalam sebuah pernikahan akan berdampak negatif pada pikiran, seperti depresi ataupun stres berat dan bahkan bisa berujung perceraian. Maka dari itu sebaiknya pasangan suami isteri segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan solusi dan menyelesaikan masalah seputar infertilisasi  supaya segera mendapatkan keturunan.

Mengatasi Ketidaksuburan

Tindakan untuk Mengatasi Permasalahan infertilitas

Berikut ini ada cara yang bisa dilakukan oleh pasangan suami isteri yang mengalami permasalahan infertilitas :

  1. Berpikir realistis

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pasangan suami isteri yang sulit untuk mendapat keturunan yaitu dengan berpikir realistis bahwa permasalahan ketidaksuburan bukanlah merupakan kesalahan dari salah satu pasangan, karena tidak menutup kemungkinan kalau ketidaksuburan bisa disebabkan oleh faktor lain ataupun keadaan medis dari masing-masing pasangan. Selain itu, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa tidak semua pasangan yang baru saja menikah akan langsung mendapatkan keturunan, karena sekitar 85% pasangan suami isteri mendapatkan keturunan setelah satu tahun menikah.

  1. Konsultasi ke dokter

Ketika anda dan pasangan belum juga mendapat keturunan, sebaiknya anda dan pasangan segera melakukan konsultasi ke dokter ahli untuk mendapatkan solusi yang tepat. Jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar di masyarakat sebelum anda mengetahui kebenaran yang realistis.

  1. Penanganan Medis

Setelah mengetahui penyebab infertilisasi, maka tindakan medis perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jika memang sama sekali sudah tidak bisa melakukan pembuahan secara normal maka akan diambil tindakan medis untuk membantu pasangan suami isteri mendapatkan keturunan.

Ada beberapa penanganan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi pasangan yang mengalami permasalahan dengan infertilitas:

  •  Bayi Tabung

Bayi tabung bisa diartikan sebagai proses pembuahan sel telur oleh sel sperma yang dilakukan diluar rahim, atau yang lebih dikenal dengan pembuahan in vitro. Prosesnya yaitu dengan mengambil sel telur dari ovarium dan sel sperma dari testis kemudian dipertemukan dalam media cair. Pada media tersebut, sel sperma akan membuahi sel telur dan setelah mengalami proses pembelahan, sel telur tersebut dimasukan kembali kedalam rahim wanita, sehingga akan berkembang menjadi janin.

Tindakan medis mengenai bayi tabung memang dianggap berhasil dan bisa mengatasi permasalahan seputar infertilisasi pada pasangan suami isteri. Sampai saat ini bayi tabung terus berkembang meskipun menimbulkan perdebatan dari banyak pihak.

  • Intracytoplasmic Sperm Injection

Metode intracytoplasmic sperm injection digunakan jika suami  memiliki jumlah dan kualitas sperma rendah. Penanganan medis ini dilakukan dengan cara memasukan atau menyuntikan sel sperma langsung ke dalam sel telur, prosesnya hampir sama dengan bayi tabung hanya saja proses ini sel spermanya langsung disuntikan kedalam sel telur dan prosesnya diawasi oleh mikroskop.

  • Gamete Intrafallopian Transfer

Proses dari gamete intrafallopian transfer  yaitu dengan cara mengambil sel telur dan sel sperma yang kemudian disatukan dalam sebuah alat yang bernama laparoscope. Kemudian di masukan kembali ke dalam tuba falopi melalui operasi, dengan demikian pembuahan tetap terjadi didalam rahim.

  • Zygote Intrafallopian Transfer

Proses zygote intrafallopian transfer hampir sama dengan proses pada gamete intrafallopian transfer. Hanya saja pembuahan pada zygote intrafallopian transfer dilakukan di luar rahim atau diluar tubuh wanita, setelah terjadi pembuahan baru di masukan kembali ke dalam rahim melalui operasi.

Related Posts

Share This