Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Untuk Mencegah Janin Terkena Skizofrenia

Kesehatan ibu hamil memang menjadi kunci sukses untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jika kondisi kesehatan ibu hamil terganggu maka hal ini bisa mempengaruhi perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak menganggap sepele gangguan kesehatan yang terjadi meskipun tergolong ringan. Salah satu gangguan kesehatan yang seringkali disepelekan yaitu flu pada ibu hamil.

Flu memang bukan gangguan kesehatan yang serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun virus flu yang dibiarkan bisa berkembang dan masuk kedalam kandungan sehingga hal ini bisa menyebabkan kerusakan otak pada janin. Jika kondisi itersebut sampai terjadi maka kemungkinan bayi yang Anda lahirkan mengalami gangguan kejiwaan atau yang disebut dengan istilah skizofrenia.

Penyakit skizofrenia merupakan salah satu kelainan mental yang ditandai dengan gangguan dalam berpikir dan menunjukan respon emosi yang melemah. Pada penderita skizofrenia akan cenderung lebih banyak berhalusinasi dari pendengaran ataupun hal-hal yang dilihatnya. Biasanya lhal tersebut diikuti dengan gerakan tangan.

Ibu hamil yang menderita influenza pada kehamilan trimester pertama beresiko melahirkan bayi dengan gangguan skizofrenia. Adapun penyebab lain skizofrenia yaitu polio, campak, rubella dan toxoplasma. Selain itu, janin yang kekurangan oksigen juga beresiko terkena skizofrenia. Hal ini karena pasokan oksigen yang terbatas akan menyebabkan penurunan kemampuan otak.

Untuk mencegah resiko terkena skizofrenia pada bayi, maka sebaiknya Anda melakukan penanganan yang tepat saat flu. Berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan flu:

  1. Vaksin Flu

Ibu hamil yang menderita flu pada tahap awal kehamilan beresiko melahirkan bayi dengan penyakit skizofrenia. Untuk mencegah hal tersebut maka bisa dilakukan dengan vaksin flu sesuai dengan anjuran dokter. Sebelumnya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan pastikan vaksin tersebut tidak akan membahayakan janin.

  1. Menjaga Kebersihan

Biasakan pola hidup sehat pada waktu hamil untuk mencegah penularan virus flu. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan dan setelah buang air. Pola hidup sehat akan membantu menjaga tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

  1. Asupan Makanan Bergizi

Perbanyaklah konsumsi makanan oyang bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari resiko terkena infeksi virus flu. Jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi yaitu yang mengandung vitamin C atau antioksidan.

  1. Hindari Kontak Dengan Penderita Flu

Pada dasarnya flu disebabkan oleh virus sehingga penularannya bisa terjadi dengan mudah. Penularan virus flu bisa melalui kontak langsung, udara ataupun barang-barang yang digunakan oleh penderita. Maka dari itu sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan penderita guna mencegah supaya Anda tidak tertular pada waktu hamil.

Meskipun nampaknya flu merupakan gangguan kesehatan ringan, namun tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517