Cara Mengatasi Depresi Pasca Persalinan

Cara mengatasi depresi. Beda halnya dengan baby blues, depresi yang dialami setelah proses persalinan yaitu salah satu masalah yang dialami oleh wanita dengan tingkat yang serius. Dan pastinya masalah ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Sebelum Anda mengetahui cara untuk mengatasi depresi setelah proses persalinan, maka setidaknya Anda harus memahami terlebih dahulu gejala dari depresi tersebut sebelum semuanya terlambat, berikut uraian mengenai gejala serta tanda depresi pasca persalinan:

  • Memiliki perasaan negatif pada bayi
  • Takut berlebihan akan melukai bayi saat merawatnya
  • Kurang energi dan motivasi
  • Merasa tak berguna dan kecewa
  • Nafsu makan dan berat badan berubah
  • Tidur kurang atau lebih banyak dari biasanya
  • Ada keinginan untuk bunuh diri
  • Mulai mengabaikan bayi sendiri

Depresi yang dialami setelah melahirkan ini nyatanya bisa dialami oleh siapa saja, dan akan semakin kuat dirasakan setelah beberapa bulan melahirkan. Nah, untuk mengatasi depresi pasca persalinan, yuk simak sama-sama cara mentgatasi depresi berat pasca persalinan, yaitu sebagai berikut:

  1. Dapatkan tidur yang cukup

Anda harus bisa memperoleh jatah tidur yang cukup. Karena kurang tidur hanya akan membuat depresi Anda menjadi parah.

  1. Miliki waktu yang berkualitas untuk memanjakan diri

Anda juga dianjurkan untuk memiliki waktu yang berkualitas guna memanjakan diri Anda. Setidaknya Anda harus merasa tenang bahkan rileks dengan melakukan beberapa hal yang memang Anda sukai.

  1. Jaga pola makan

Apapun yang Anda konsumsi patsinya bisa mempengaruhi tingkat depresi Anda serta produksi dari ASI. Sehingga sangat penting Anda untuk memastikan setiap makanan yang Anda konsumsi serta menjaga pola makan Anda agar lebih baik lagi.

  1. Dapatkan paparan sinar matahari

Sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan mood yang Anda miliki. Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk beraktivitas di luar ruangan setiap paginya, dan ketika itu coba dapatkan sinar matahari setiap harinya minimal 10-15 menit per hari.

  1. Olahraga rutin

Untuk mengurangi depresi pasca persalinan, Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin.

  1. Cari bantuan

Ketika Anda mengalami depresi, mungkin saja Anda bisa bergabung dengan kelompok lain untuk mengurangi depresi Anda. Atau bahkan Anda juga bisa meminta bantuan pada pasangan atau keluarga untuk mengatasi depresi yang Anda alami.

Anda harus memastikan kalau Anda tidak sendiri. Dengan begitu, Anda memiliki motivasi serta semangat untuk berusaha lebih baik lagi dalam menjalankan sebagai seorang ibu.

Bunda, dengan menjadi seorang ibu baru itu mungkin terasa sangat berat bagi Anda. Namun begitu Anda berhasil untuk menjalankannya dengan sangat baik, dan Anda melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan begitu lucu dan pintar, maka kebahagiaan yang akan Anda dapatkan akan terasa lebih besar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517