Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Pada waktu demam biasanya terjadi peningkatan suhu tubuh di atas normal. Kondisi tersebut terkadang membuat para orangtua merasa khawatir dan kebingungan sehingga berusaha melakukan penanganan yang sedikit berlebihan. Penting untuk diketahui bahwa demam bukan merupakan suatu penyakit, akan tetapi demam adalah suatu bentuk pertahanan tubuh yang sedang aktif bekerja melawan/menangkal zat asing yang bisa menyebabkan penyakit.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Walaupun bukan merupakan suatu penyakit, demam pada bayi harus segera mendapatkan penanganan supaya tidak mengganggu kenyamanan pada proses pertumbuhan dan perkembangannya. Demam pada bayi bisa dikatakan tidak berbahaya apabila tidak menyebabkan kejang ataupun dehidrasi. Apabila kondisi bayi pada waktu terkena demam terlihat lemas atau bayi terlihat tidak aktif, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk segera mendapat penanganan.

Ada Beberapa Cara Untuk Menangani Dan Merawat Bayi Yang Demam

Mengompres bayi. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menangani bayi yang sedang demam yaitu dengan cara mengompres bayi menggunakan air. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh bayi. Pada waktu mengompres bayi sebaiknya menggunakan air hangat supaya sesuai dengan suhu tubuh bayi yang sedang tinggi.

Berikan ASI sebagai obat alami.  ASI merupakan sumber makanan dan nutrisi terbaik untuk bayi. Pada waktu demam sebaiknya Anda meningkatkan pemberian ASI untuk bayi karena di dalam ASI terkandung nutrisi dan imun alami yang baik untuk bayi. Hal ini akan membantu sistem kekebalan tubuh bayi untuk bekerja lebih efektif melawan serangan infeksi virus.

Jangan menggunakan pakaian yang tebal untuk bayi. Pada waktu bayi demam, hindari menggunakan pakaian tebal karena hal tersebut akan meningkatkan suhu tubuh bayi dan beresiko membuat bayi dehidrasi. Pakaian yang tidak ketat serta bisa menyerap keringat akan lebih baik untuk dipakai oleh bayi ketika demam.

Gunakan alat untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Ketika demam, hidung bayi tentunya akan tersumbat sehingga membuat bayi kesulitan bernapas. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan alat yang bisa melegakan penyumbatan pada hidung bayi. Salah satu alat yang bisa digunakan yaitu humidifier.

Atur suhu ruangan. Ruangan tempat tidur bayi sebaiknya disesuaikan agar tidak terlalu panas sehingga bayi yang sedang demam akan tetap merasa nyaman dan tidak rewel. Suhu ruangan yang terlalu panas akan semakin mempengaruhi suhu tubuh bayi sehingga beresiko menyebabkan dehidrasi.

Periksa suhu tubuh bayi. Pemeriksaan suhu tubuh bayi pada waktu demam sangat penting untuk dilakukan. Hal ini untuk mencegah peningkatan suhu yang terlalu tinggi sehingga bisa menyebabkan bayi kekurangan cairan (dehidrasi). Apabila Anda mendapati suhu tubuh bayi melebihi 37 derajat celcius, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517