Cara Mengatasi Alergi Untuk Melindungi Anggota Keluarga

Alergi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami berbagai gejala yang tidak biasa seperti gatal-gatal ataupun sesak napas. Faktor penyebab alergi sangat beragam, baik itu genetic , lingkungan dan makanan. Oleh karena itu, penulis akan mengulas sedikit tentang cara mengatasi alergi dalam upaya menjaga kesehatan anggota keluarga di rumah.

Bagi Anda yang sensitif terhadap debu atau bahkan hewan peliharaan merupakan salah satu gejala dari alergi. Anda patut menghindari hal-hal tersebut supaya tidak menimbulkan reaksi yang bisa saja beresiko terhadap kesehatan Anda. Faktor penting dalam menghinari alergi adalah dengan memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan semua peralatan yang digunakan. Hal ini sebagai upaya menjauhkan faktor penyebab alergi.

Tindakan Pencegahan Alergi

Alergi bukanlah sebuah penyakit, akan tetapi alergi merupakan suatu respon tubuh terhadap zat alergen. Alergi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam berbagai aspek, baik itu makanan, tempat tinggal, pakaian dan lain sebagainya. Berikut tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah alergi:

  • Buatlah jadwal untuk membersihkan rumah secara rutin. Hindarkan debu dan hewan peliharaan karena beresiko menyebabkan alergi, terutama bagi anak-anak. Bersihkan semua permukaan rumah dari debu.
  • Jangan membiasakan menggunakan sepatu ke dalam rumah. Hal ini untuk meminimalisir debu yang terbawa melalui sepatu. Gunakan sandal bersih untuk dipakai di dalam rumah supaya terbebas dari debu.
  • Pada dasarnya debu lebih sering menumpuk pada bagian yang lebih rendah seperti ubin ataupun karpet. Nah, tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan cara rutin membersihkan karpet sehingga terhindar dari debu yang rentan mengganggu kesehatan anggota keluarga.
  • Perhatikan kebersihan makanan dengan cara menyimpan di dalam tempat/wadah yang kedap udara. Hal ini untuk mencegah kontaminasi yang beresiko terhadap peningkatan resiko alergi yang lebih parah.
  • Gunakan pengharus ruangan yang bersifat alami tanpa bahan kimia untuk mencegah terjadinya alergi.
  • Tutup kasur atau tempat tidur ketika sedang tidak digunakan. Hal ini untuk meminimalisir penumpukan debu di tempat tersebut. Usahakan supaya setiap kamar memiliki ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara tidak terbatas.
  • Bersihkan ventilasi udara secara rutin supaya terhindar dari penumpukan debu yang kbisa meningkatkan resiko alergi.
  • Hindarkan hewan peliharaan berkeliaraan di dalam rumah terutama di kamar. Bulu dari hewan peliharaan bisa meningkatkan resiko alergi bagi anggota keluarga Anda.
  • Jagalah kesegaran udara di ruangan rumah Anda dengan cara membuka jendela pada pagi hari. Yang terpenting adalah jangan merokok didalam rumah karena bisa mencemari udara.

Itulah tindakan yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dan melindungi anggota keluarga dari resiko alergi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This