Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi pada bayi memang bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya yaitu alergi yang di sebabkan oleh udara atau bahkan alergi yang di sebabkan oleh susu formula yang ia konsumsi. Untuk saat ini, statistic terakhir menyimpilkan bahwa ada sekitar 2-3% bayi yang memang alergi terhadap protein yang ada di dalam kandungan susu formula, yang memang notabennya terbuat dari bahan dasar susu sapi. Namun biasanya, alergi pada bayi yang di sebabkan oleh susu formula ini akan hilang dengan sendirinya dengan bertambahnya usia si kecil.

Jika alergi susu sapi pada bayi mulai menghampiri si kecil, maka sebaiknya bunda cepat mengkonsultasikan hal ini kepada dokter anak mengenai hal ini, bunda bisa menanyakan hal apa yang harus bunda lakukan untuk mengatasi alergi pada bayi ini.

alergi pada bayi

Alergi susu sapi pada bayi akan terjadi kepada si kecil ketika sistem kekebalan tubuh si kecil ada dalam keadaan tidak baik, sehingga  sistem kekebalan tubuh si kecil menyangka kalau susu sapi atau susu fomula ini merupakan suatu hal yang dapat membahayakan tubuhnya, dan ia beraksi untuk melawan hal yang ia kira membahayakan ini. Dan inilah yang menyebabkan terjadinya alergi pada si kecil, yang memang menyebabkan si kecil menjadi rewel, gelisah, serta timbulnya sejumlah gejala alergi lainnya.

Perlu bunda ketahui, bahwa hampir seluruh bayi yang mengalami alergi terhadap susu formula ternyata mengalami alergi juga terhadap susu kambing atau susu domba. Namun ada juga sebagian lainnya yang ternyata juga alergi terhadap protein yang terkandung di dalam susu kedelai.

Bukan hanya itu, statistik juga menunjukkan bahwa bayi yang menerima ASI eksklusif akan memiliki resiko alergi susu sapi yang jauh lebih rendah jika di bandingkan dengan bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula. Dan para ahli juga mempercayai bahwa kelainan atau alergi ini berkaitan dengan faktor keturunan dan biasanya akan menghilang atau sembuh ketika si kecil mulai memasuki usia 3-5 tahun.

Jika si kecil telah terbukti memiliki alergi terhadap susu sapi, maka wajib untuk bunda membatasi konsumsi seluruh produk atau seluruh makanan dan minuman yang memang terbuat dari susu sapi, karena protein yang ada di dalam susu sapi bisa tersalurkan juga melalui ASI bunda. Bukan hanya itu, penting juga bagi bunda untuk mengatasi alergi pada bayi.

Nah, untuk mengatasi alergi pada bayi yang mengkonsumsi susu formula, ketika bunda mengunjungi dokter, maka biasanya dokter akan menganjurkan bunda memberikan susu kedelai kepada si kecil. Namun jika si kecil masih alergi terhadap susu kedelai, maka bunda bisa mencoba untuk memberinya susu formula hipalergenik, dimana protein yang ada di dalam susu tersebut akan diuraikan menjadi partikel-partikel, sehingga tidak lagi menyebabkan alergi pada si kecil.

Related Posts

Share This