Cara Mengatasi Alergi Dalam Waktu Singkat

Cara mengatasi alergi. Alergi merupakan salah satu respon abnormal yang berasal dari sistem kekebalan tubuh. Umumnya, orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang memang bereaksi terhadap suatu zat yang biasanya tidak membahayakan lingkungan.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan membahas menegani cara mengatasi alergi yang memang bisa di alami oleh orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan balita juga bayi. Namun sebelum itu, kita ketahui dulu apa saja gejala juga faktor yang menyebabkan alergi itu sendiri, ini dia ulasannya.

Gejala umum alergi

1. Pada sistem pencernaan

Gejala alergi yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada umumnya ditandai dengan batuk, pilek, hidung yang tersumbat, bersin, sesak nafas, mimisan, sakit di bagian telinga, tenggorokan yang gatal dan masih banyak lagi.

2. Pada sistem pencernaan

Untuk alergi yang berkaitan dengan sistem pencernaan biasanya di tandai dengan nyeri di bagian perut, diare, sembelit, kembung bahkan seringnya kentut.

3. Pada kulit

Jika alergi terhadap kulit, baik alergi debu atau bahkan cuaca, biasanya di tandai dengan kulit yang merah, bintik-bintik, kulit yang menebal, eksim, atau bahkan bibir yang menjadi bengkak.

4. Pada mata

Pada mata sendiri, biasanya orang-orang yang menderita alergi di bagian mata di tandai dengan mata yang gatal, merah, berair, bengkak, atau bahkan terjadinya bintitan.

Nah, itulah beberapa gejala umum ketika seseorang mengalami alergi. Dan berikut faktor dari penyebab alergi yang juga harus Anda ketahui, yaitu:

  • Faktor genetika
  • Faktor makanan
  • Faktor fisik (kelelahan, stress)
  • Faktor lingkungan
  • Faktor cuaca
  • Serangga

Berikut ini cara ampuh untuk mengatasi alergi, yaitu sebagai berikut:

1. Rencanakan untuk Berolahraga

Bagi Anda yang memang memiliki alergi terhadap suatu hal, maka sebaiknya Anda rutin berolahraga guna mengebalkan sistem kekebalan tubuh. Karena ketika kekebalan tubuh kita terjaga, maka virus atau bahkan bakteri yang menyebabkan kita menjadi alergi baik dari makanan atau bahkan lingkungan bisa teratasi dengan baik.

2. Waspadai alergi bukan musiman

Anda juga dianjurkan untuk mewaspadai setiap hal yang memang bisa membuat Anda alergi. Seperti misalkan Anda alergi terhadap debu atau tungau yang terdapat pada karpet, maka sebaiknya Anda rutin mencucui karpet atau bahkan seprai dengan menggunakan air panas untuk membunuh tungau tersebut.

3. Cucilah tubuh Anda

Setelah Anda melakukan aktivitas apapun, terutama aktivitas yang membuat diri Anda kotor, maka sebaiknya setelah Anda selesai melakukan aktivitas tersebut cucilah tangan atau bahkan mandilah segera, terutama ketika Anda hendak makan.

4. Tindakan Pencegahan

Jika Anda mengetahui Anda alergi terhadap hal apa, maka Anda patut mewaspadainya. Cegah alergi Anda sebelum terjadi. Seperti jika Anda alergi terhadap suhu dingin, maka Anda dianjurkan untuk menggunakan baju tebal yang memang bisa melindungi dan menghangatkan diri Anda dari suhu atau cuaca yang dingin.

5. Hindari penyebab alergi

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak mengalami alergi yaitu, hindari hal-hal yang bisa membuat Anda alergi.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Ana lakukan guna mengatasi alergi. Jika alergi yang Anda alami perkepanjangan dan tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda periksakan diri pada dokter.

Related Posts

Share This