Cara Mendidik Anak Perempuan Lembut Dan Mandiri

Setiap orang tua tentu menginginkan seorang anak yang memiliki kepribadian mandiri dan juga baik serta cerdas baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan. Tapi tentunya terdapat perbedaan dalam mendidik anak laki-laki maupun anak perempuan. Bahkan, merawat anak perempuan memang cukup sulit dibandingkan anak lelaki, karena kepribadian perempuan tentu berbeda dan lebih sensitif.

Dalam mendidik anak perempuan tentu ada banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari kehidupan kesehariannya, cara berpakaian, cara bermain, cara berbicara dan lainnya. Adapun cara mendidik anak perempuan agar ia tumbuh menjadi anak yang lembut pada sesama dan juga mandiri, adalah:

Cara berpakaian

Seorang anak perempuan biasanya akan mengikuti cara berpakaiannya. Karena itu sebagai orang tua sebaiknya kenakan pakaian perempuan pada anak anda agar ia bisa bersifat lebih anggun dan lembut, dan ia bisa menyadari dirinya bahwa ia adalah seorang perempuan yang lemah lembut. Sementara jika anda kenakan pakaian mirip laki-laki maka nantinya ia akan memiliki pribadi yang kuat layaknya laki-laki.

Didik dalam berbagai tingkah lakunya

Inilah yang terpenting, untuk mendapatkan anak perempuan yang lembut maka anda perlu mendidiknya dengan baik dalam berbagai tingkah lakunya, baik caranya berjalan, caranya berbicara, atau menatap seseorang. Anda perlu mengasinya saat ia bergaul dengan temannya sehingga ia tidak berlaku kasar. Umumnya anak akan mengikuti tingkah ibunya, karena itu anda sebagai seorang ibu perlu mendidiknya dengan sikap anda yang lemah lembut.

Anda juga perlu mengawasinya saat ia hendak mengambil barang apapun di hadapan orang tua agar ia bisa bersikap sopan. Ucapkan kata-kata lembut agar ia mengikuti anda berbicara dengan kata lembut dan nada rendah sehingga menjadi seorang anak perempuan yang lembut. Agar ia bisa mandiri maka ajari ia dalam berbagai hal khususnya saat ia hendak buang air kecil agar tidak membuka celananya di sembarang tempat, dan agar ia tidak mengompol. Ajarkan pula cara makan yang baik sebagai seorang anak perempuan dan juga cara mandi dan bahkan memakai baju, sehingga ia bisa terbiasa dan nantinya bisa lebih mandiri.

Ajarkan kasih sayang

Seorang wanita yang lembut tentu harus memiliki kasih sayang. Begitupun dalam mendidik anak perempuan perlu disertai kasih sayang karena anak perempuan merupakan anak yang sensitif karena perasaannya mudah terluka. Karena itu ajarkan kasih sayang pada anak anda. Anda bisa memulainya dengan mengasihi binatang dan juga mengasihi orang lain seperti temannya. Anda juga bisa sekaligus mengajarkan sopan santun kepada orang yang lebih tua, contohnya dengan bersikap sopan saat neneknya datang atau tamu anda.

Kembangkan potensi anak

Seorang anak perempuan sebaiknya diasah dalam segala potensinya. Anda bisa melihat potensi yang ia miliki dari kesukaannya, dari caranya bermain dan hal yang sering ditanyakannya sehingga anda bisa mendukungnya agar lebih mandiri.

Demikian mendidik anak perempuan supaya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berperilaku terpuji. Pendidikan moral harus dimulai sejak masih kecil atau usia dini melalui lingkungan keluarga. Perlu Anda ketahui bahwa keluarga merupakan satu-satunya tempat untuk anak meniru setiap perbuatan sehingga dalam hal ini sebaiknya Anda memberikan pendidikan moral yang pas untuk anak supaya dia tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam upaya memberikan pendidikan bagi si kecil.

Related Posts

Share This