Cara Mencegah Penyakit Lambung atau Gastroparesis

Penyakit lambung atau gastroparesis merupakan proses tertundanya pengosongan lambung. Kondisi ini terjadi akibat perut terlalu lama dalam keadaan kosong dan tidak mendapatkan asupan makanan. Faktor penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, gangguan tersebut bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian saraf vagus yang bertugas untuk mengendalikan otot-otot perut.

Kerusakan yang terjadi bisa saja akibat operasi perut, penyakit diabetes yang tidak terkontrol, penyakit sistem saraf dan hipotiroidisme. Bahkan gangguan makanan seperti bulimia dan anoreksia bisa meningkatkan resiko gastroparesis. Gejala umum gastroparesis yaitu mual, muntah, nyeri perut bagian atas,kembung dan nafsu makan menurun.

Gejala lain yang mungkin akan terjadi yaitu perut bengkak, fluktuasi kadar gula dalam darah, perut terasa penuh meskipun hanya makan dalam jumlah sedikit, kekurangan gizi dan terjadi penurunan berat badan secara drastic.

Berikut Tindakan Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Gastroparesis

Lidah Buaya

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya gastroparesis yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Manfaat tanaman yang satu ini yaitu untuk memperlancar pencernaan dan mengatur setiap gerakan usus. Lidah buaya bisa berfungsi sebagai pencahar alami untuk mendukung sistem pencernaan supaya berjalan dengan baik. Selain itu, lidah buaya bisa meredakan perut kembung dan sakit perut yang merupakan gejala gastroparesis. Konsumsi lidah buaya dalam bentuk jus.

Probiotik

Konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt, kimchi, kefir, tempe dan jenis makanan fermentasi lainnya. Probiotik sangat berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan sehingga melancarkan pergerakan usus.

Vitamin D

Bagi orang yang menderita gastroparesis sebaikya lebih memperhatikan asupan vitamin D. Salah satu caranya bisa diperoleh dengan cara berjemur dibawah sinar matahari pagi. Sinar matahari merupakan sumber alami yang menyediakan vitamin D paling tinggi.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi dan mencegah gastroparesis. Cuka apel bisa meredakan keluhan yang dirasakan seperti mual, mulas, muntah dan sakit perut yang tidak biasa.

Jahe

Jahe bisa merangsang cairan pencernaan serta aliran enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Rempah yang satu ini bisa mengatasi keluhan seputar gejala gastroparesis yang dirasakan.

Peppermint

Manfaat peppermint yaitu untuk meredakan mual, muntah, membantu pencernaan, mengurangi kembung serta kram usus.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Bagi Penderita gastroparesis sebaiknya memperhatikan kebutuhan cairan untuk tubuh. Disarankan supaya mengkonsumsi air putih lebih banyak sehingga mengurangi dan meminimalisir keluhan yang dirasakan seputar gangguan gastroparesis.

Pernapasan

Cara lain untuk mengatasi keluhan gastroparesis yaitu dengan teknik pernafasan. Cara ini bermanfaat untuk menstimulus saraf vagus serta meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan dalam upaya untuk memastikan gerak usus yang teratur dan berirama.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517