Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Gaya Hidup Sehat

Pada dasarnya menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang mudah. Namun seringkali hal ini diabaikan oleh kebanyakan orang. Kondisi tersebut baru disadari ketika sudah terjadi kerusakan pada gigi. Banyak hal yang menjadi penyebab kerusakan gigi diantaranya yaitu faktor makanan dan gaya hidup. Upaya dan cara mencegah gigi berlubang bisa Anda lakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berbicara tentang kerusakan gigi akibat faktor makanan, hal ini berkaitan dengan kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan manis seperti permen, cokelat, eskrim dan makanan lain yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Tanpa disadari kebiasaan tersebut secara perlahan mengikis kekuatan gigi akibat adanya penumpukan plak dan bakteri yang berkembang pada gigi.

Gigi berlubang bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari jenis makanan yang memicu terjadinya kerusakan pada gigi. Salah satunya yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium berguna untuk membantu menjaga kekuatan gigi. Konsumsilah susu, kacang-kacangan, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral tinggi akan memicu produksi air liur. Nah, hal ini akan menjadikan pertahanan mineral untuk melawan kerusakan pada gigi. Adapun sumber makanan yang disarankan yaitu buah-buahan segar, sayuran dan kelompok biji-bijian yang mengandung vitamin B serta zat besi.

Jenis biji-bijian yang mengandung magnesium merupakan salah satu unsur penting untuk kesehatan gigi. Disamping itu, biji-bijian yang memiliki kandungan serat cukup tinggi seperti gandum dan beras merah bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam upaya menjaga kesehatan gigi. Jika Anda ingin mengkonsumsi cemilan maka hindarilah makanan dengan kandungan gula terlalu tinggi dan pemanis buatan.

Selain memilih makanan sehat, Anda juga sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat seperti membiasakan untuk rutin menggosok gigi. Dianjurkan untuk menggosok gigi dua kali dalam sehari yaitu pagi hari setelah selesai sarapan dan jangan lupa pada malam hari sebelum beranjak tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi akibat asam yang ditimbulkan oleh bakteri dari sisa makanan.

Gigi berlubang menjadi permasalahan yang perlu mendapat perhatian sebab hal ini akan berdampak terhadap kondisi tubuh dan aktivitas Anda sehari-hari. Penerapan gaya hidup dan rutin memeriksakan gigi ke dokter menjadi langkah awal yang sangat tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Nah, demikian cara sederhana yang bisa Anda aplikasikan dalam upaya untuk mencegah kerusakan gigi. Kesehatan gigi perlu dijaga sebab hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan. Gigi bertugas untuk memotong dan menghaluskan makanan sehingga akan mempermudah kinerja ginjal. Jika makanan tidak diolah dengan benar oleh gigi maka hal ini akan membuat lambung harus bekerja ekstra sehingga kemungkinan penyerapan nutrisi tidak akan berjalan optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517