Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Pada Bayi

Alergi merupakan bentuk reaksi dari sistem imun tubuh terhadap zat atau benda asing. Kasus alergi tidak hanya terjadi pada orang dewasa atau anak-anak saja. Melainkan alergi juga bisa terjadi pada bayi. Secara umum, alergi pada bayi biasanya diakibatkan oleh makanan ataupun faktor cuaca. Untuk mengatasi alergi pada bayi bukan perkara yang sulit. Yang paling penting adalah mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu.

Gejala alergi pada bayi biasanya timbul bentol-bentol merah yang disertai gatal diseluruh bagian tubuh dan lidah membengkak sehingga bayi kesulitan bernafas. Gejala alergi tersebut bisa disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibu dan masuk ke dalam tubuh si kecil melalui proses menyusui. Nah maka dari itu, ibu hamil dan menyusui harus senantiasa selektif dalam mengkonsumsi makanan karena akan emmberikan pengaruh yang luar biasa terhadap janin.

Berikut Ini Langkah-langkah Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Faktor penyebab alergi pada bayi salah satunya yaitu faktor genetik atau keturunan. Jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu maka kemungkinan besar bayi akan terkena alergi. Dalam hal ini Anda harus lebih selektif untuk memilih makanan dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sehingga tidak mengurangi asupan nutrisi untuk si kecil.

Adapun cara mengatasi alergi pada bayi yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama untuk mencegah alergi pada bayi yaitu memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. Hal ini karena pada usia dibawah 6 bulan bayi sangat rentan terhadap alergi sebab sistem imun bayi masih lemah.
  2. Selama program menyusui, Anda harus lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Hindari jenis makanan yang kemungkinan akan menyebabkan alergi pada bayi.
  3. Saat memasuki tahap pemberian MPASI, perkenalkan satu persatu makanan padat secara bertahap. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko alergi dan mengetahui jenis makanan mana yang aman dan menjadi penyebab alergi.
  4. Jika keluarga Anda alergi terhadap selai kacang atau makanan berbahan dasar kacang, sebaiknya hindari makanan ktersebut ketika mengenalkan MPASI.
  5. Jauhkan bayi dari jangkauan dari bahan yang bisa menyebabkan alergi seperti asap rokok, debu ataupun binatang peliharaan.

Jika bayi Anda alergi terhadap susu sapi maka cara mengobati alergi tersebut yaitu dengan menggantinya oleh susu kedelai. Namun yang perlu diingat yaitu pemberian susu formula sebaiknya setelah bayi berusia diatas 6 bulan. Pemberian ASI secara ekslusif sangat efektip untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Jika alergi makanan menyebabkan si kecil diare maka cara mengobatinya yaitu dengan tetap memberikan ASI. Cara ini dilakukan untuk mencegah si kecil kekurangan cairan dan sebagai antiseptik alami yang akan meredakan diare.

Related Posts

Share This