Cara Mencegah Bayi Mengantuk Saat Mendapat ASI

Bayi yang berusia dibawah dua minggu idealnya harus mendapatkan ASI setiap dua jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Untuk memperoleh ASI secara optimal maka bayi harus mengisap puting payudara dengan aktif kurang lebih 20 menit. Namun dalam hal ini terkadang muncul kendala yang menyebabkan si kecil tidak memperoleh ASI secara maksimal. Kendala tersebut yaitu si kecil mengantuk pada waktu menghisap ASI. Lalu bagaimana cara mencegah ngantuk pada bayi saat menyusu?

Memasuki usia dua minggu, kebutuhan si kecil untuk mendapatkan ASI akan meningkat. Dalam hal ini bayi harus mendapatkan ASI secara rutin. Namun dalam minggu pertama muncul kendala yaitu bayi mengantuk pada waktu menghisap ASI. Mencega bayi ngantuk pada waktu menyusu sebisa mungkin harus Anda lakukan sebagi upaya untuk memberikan ASI secara optimal.

Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan dalam mencegah bayi mengantuk ketika mendapatkan ASI. Berikut ini langkah dan caranya!

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghapus puting payudara dari mulut si kecil kemudian menggantinya degan jari. Letakan jari diantara payudara dan mulut si kecil. Latihan ini bertujuan untuk membiasakan si kecil dalam menghisap kembali. Dengan begitu si kecil tidak akan ngantuk selama menghisap ASI.
  2. Arahkan mulut bayi ke payudara dengan menggunakan pipet. Hal ini bertujuan supaya si kecil menghisap kembali puting payudara.
  3. Kompres payudara menggunakan air es. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran ASI sehingga dengan begitu si kecil tidak akan tertidur ketika menghisap ASI.
  4. Berikan sentuhan pada bagian tangan atau kaki untuk membuat si kecil tetap terjaga selama menghisap ASI.
  5. Lakukan penyusuan secara bergantian antara payudara sebelah kanan dan kiri. Dengan begitu si kecil tidak akan mudah mengantuk.
  6. Sesuaikan suhu ruangan ketika Anda menyusui, hindari suhu yang terlalu nyaman untuk bayi tertidur. Teknik sederhana yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menanggalkan baju si kecil sehingga sedikit merasa dingin.
  7. Perdengarkan musik dengan nada sedikit keras, dengan begitu si kecil akan tetap terjaga untuk menghisap ASI.
Baca Juga:  Tips Untuk Perawatan Gigi Bayi

Nah, demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mencegah bayi mengantuk pada waktu menyusu. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mem,buat si kecil tertidur terlebih dahulu sebelum memperoleh ASI. Dengan begitu pada waktu menyusu tidak akan mengantuk sehingga memperoleh ASI secara maksimal sesuai dengan kebutuhannya.

Pada tahap awal pertumbuhannya, bayi harus mendapatkan ASI secara optimal. Jika asupan ASI kurang maka kemungkinan akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya. Kondisi tersebut sangat dikhawatirkan akan membuat pertumbuhan si kecil terganggu sehingga tidak maksimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517